Trump Ucapkan Selamat Atas Dilantiknya Mahathir Jadi PM Malaysia

Rina Atriana - detikNews
Jumat, 11 Mei 2018 15:25 WIB
Mahathir Mohamad (Dok. Reuters)
Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut mengucapkan selamat atas dilantiknya Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia. Ucapan selamat Trump disampaikan melalui pernyataan Gedung Putih.

"Presiden Donald Trump mengucapkan selamat atas dilantiknya Tun Dr Mahathir Mohamad hari ini (10 Mei) sebagai Perdana Menteri Malaysia yang baru," kata pernyataan Trump melalui White House yang diunggah di Facebook Kedutaan AS di Kuala Lumpur seperti dilansir dari The Star, Jumat (11/5/2018).


Mahathir Mohamad dilantik sebagai perdana menteri ke-7 pada Kamis (10/5) malam. Trump juga mengucapkan selamat kepada semua warga Malaysia yang telah berpartisipasi dalam pemilu.

Sebelumnya, Pemerintah Australia juga mengucapkan selamat pada Malaysia atas pemilu demokratisnya dan kepada Mahathir Mohamad atas kemenangannya.

"Kami dengan hangat mengucapkan selamat kepada masyarakat Malaysia yang secara damai dan terhormat melaksanakan hak demokratis mereka untuk memilih," demikian pernyataan bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop seperti dilansir media ABC News, Jumat (11/5).


Mahathir yang didukung partai oposisi Pakatan Harapan mengalahkan Barisan Nasional yang dijagokan untuk menang di Pemilu Malaysia. Seperti diketahui, Barisan Nasional dipimpin oleh PM Malaysia sebelumnya, Najib Razak.

Mahathir dilantik di usia 92 tahun. Dia disebut-sebut sebagai perdana menteri tertua di dunia. (rna/ita)