DetikNews
Kamis 03 Mei 2018, 16:33 WIB

Ada Burung Masuk ke Mesin, Jet Tempur Rusia Jatuh di Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Ada Burung Masuk ke Mesin, Jet Tempur Rusia Jatuh di Suriah Ilustrasi (Dok. Anadolu Agency)
Damaskus - Sebuah jet tempur Rusia jatuh saat lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Suriah. Dua pilot yang ada di dalam jet tempur itu tewas.

"Saat menanjak naik usai lepas landas dari pangkalan udara Hmeimim, jet tempur Rusia Su-30SM jatuh ke Laut Mediterania," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Kamis (3/5/2018).

"Dua pilot, yang berjuang hingga saat-saat terakhir untuk menyelamatkan pesawat, tewas menurut laporan dari lokasi kejadian," imbuh pernyataan itu.

Jet tempur yang jatuh merupakan jenis Sukhoi-30SM yang bisa diisi dua pilot. Pesawat itu tergolong sebagai salah satu jet tempur paling canggih Rusia dan dioperasikan sejak tahun 2010 lalu. Rusia merupakan sekutu rezim Presiden Bashar al-Assad dalam konflik Suriah.


Di Suriah, jet tempur jenis itu digunakan untuk menembakkan rudal udara-ke-darat pada target-target pemberontak Suriah. Jet tempur itu juga digunakan untuk mengawal serangan pesawat pengebom.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan jet tempur itu tidak diserang. "Pesawat tidak terkenal proyektil apapun," tegas Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

"Menurut informasi awal, alasan jatuhnya pesawat bisa jadi karena seekor burung masuk ke dalam mesin," imbuh pernyataan itu.

Insiden ini menambah daftar personel militer Rusia yang gugur dalam operasi di Suriah. Sejauh ini sedikitnya 86 personel militer Rusia tewas di Suriah. Insiden paling mematikan terjadi pada Maret lalu, saat sebuah pesawat transpor jatuh saat akan mendarat di pangkalan udara Hmeimim. Sedikitnya 39 orang tewas dalam kecelakaan itu.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed