DetikNews
Rabu 02 Mei 2018, 17:36 WIB

Serangan Udara Kenai Desa ISIS di Suriah, 23 Warga Sipil Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Serangan Udara Kenai Desa ISIS di Suriah, 23 Warga Sipil Tewas Ilustrasi -- Situasi di Suriah yang dilanda konflik (AFP Photo/Karam Al-Masri)
Damaskus - Serangan udara di sebuah desa yang dikuasai Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah menewaskan 23 warga sipil. Dilaporkan terdapat 10 anak-anak di antara korban tewas.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/5/2018), organisasi pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, melaporkan bahwa pelaku serangan udara ini belum diketahui pasti. Serangan udara ini mengenai desa Al-Qasr di Provinsi Hasakeh yang dikuasai ISIS.

"Kami tidak tahu untuk saat ini apakah koalisi internasional pimpinan AS (Amerika Serikat) atau pasukan Irak yang melancarkan serangan," sebut Syrian Observatory dalam pernyataannya.

Syrian Observatory yang berbasis di Inggris seringkali mendasarkan laporannya dari informasi jaringan sumber lapangan di Suriah.


Dalam pernyataan terpisah, koalisi pimpinan AS menyangkal telah melakukan serangan udara di wilayah Hasakeh. "Tidak ada serangan di area yang terkena rentetan serangan hari ini," demikian pernyataan tertulis koalisi pimpinan AS kepada AFP.

Koalisi pimpinan AS diketahui mendukung aliansi Kurdi-Arab dalam pertempuran melawan ISIS di perbatasan timur Suriah dekat Irak.

Sementara itu, Irak sebelumnya mengakui militernya melancarkan serangan udara terhadap posisi ISIS di Suriah. Serangan udara terakhir dilakukan bulan lalu di wilayah Deir Ezzor, Suriah.

ISIS sendiri telah kehilangan banyak wilayah yang pernah mereka kuasai di Suriah dan Irak sejak tahun 2014. Di Suriah, ISIS menghadapi dua pertempuran, yakni melawan aliansi Pasukan Demokratis Suriah yang didukung AS dan pasukan rezim Suriah yang didukung Rusia.


Beberapa waktu terakhir, pasukan militer Irak juga menyerang posisi ISIS di Suriah dalam rangka mempertahankan diri dari ancaman militan lintas perbatasan.



Tonton juga video tentang "Jet Tempur Irak Bom Gedung ISIS di Suriah":

(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed