DetikNews
Rabu 02 Mei 2018, 16:02 WIB

Unjuk Rasa Hari Buruh di Paris Ricuh, 109 Orang Ditahan

Novi Christiastuti - detikNews
Unjuk Rasa Hari Buruh di Paris Ricuh, 109 Orang Ditahan Sekelompok pemuda bermasker menyusup ke dalam rombongan demonstran Hari Buruh dan melakukan pembakaran (REUTERS/Philippe Wojazer)
Paris - Kepolisian Prancis menahan 109 orang setelah unjuk rasa Hari Buruh yang digelar 1 Mei setempat berujung rusuh. Para pemuda yang ikut unjuk rasa para buruh membakar restoran cepat saji dan sejumlah kendaraan.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/5/2018), sekelompok pemuda yang memakai pakaian dengan penutup kepala melakukan aksi pembakaran terhadap sebuah restoran McDonald's dan sejumlah kendaraan di Paris. Mereka memakai jaket hitam dan penutup wajah.

[Gambas:Video 20detik]


Para pemuda ini mencoba bergabung dan melebur dengan unjuk rasa memperjuangkan hak para pekerja yang dipimpin serikat pekerja Prancis. Dalam aksinya, para pemuda bermasker ini meneriakkan slogan 'Bangkit, Paris' dan 'Semua orang benci polisi'.


Mereka membakar restoran McDonald's di dekat stasiun Austerlitz dan membakar kendaraan-kendaraan di salah satu diler mobil setempat.

Dalam keterangan terpisah, Menteri Dalam Negeri Prancis Gerard Collomb, berjanji akan meningkatkan pengerahan personel kepolisian dalam unjuk rasa Hari Buruh tahun depan. Janji ini diucapkannya setelah pemerintah dituding kecolongan oleh keberadaan 1.200 pembuat onar dalam unjuk rasa.

"Untuk unjuk rasa selanjutnya, akan ada lebih banyak pasukan keamanan, kali ini dengan niat memisahkan demonstran sepenuhnya dari orang-orang yang datang untuk menghancurkan banyak hal," tegas Collomb kepada televisi France 2.


Sementara itu, di sela-sela kunjungan ke Sydney, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengecam keras kerusuhan yang terjadi.

"1 Mei adalah Hari Buruh, bukan harinya para kelompok pembuat onar," tegas Macron. "Saya hanya bisa mengecam apa yang telah terjadi, dengan ketegasan," imbuhnya.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed