DetikNews
Selasa 24 April 2018, 11:46 WIB

Tolak Menembak Penabrak Mati 10 Orang, Polisi Kanada Dipuji

Novi Christiastuti - detikNews
Tolak Menembak Penabrak Mati 10 Orang, Polisi Kanada Dipuji Van yang digunakan Minassian menabrak para pejalan kaki di Toronto (REUTERS/Saul Porto)
Ottawa - Seorang polisi di Toronto, Kanada dipuji karena tidak menembak pelaku yang sempat menodongkan objek yang diduga pistol ke arahnya. Pelaku akhirnya berhasil ditangkap hidup-hidup oleh polisi tersebut.

Alek Minassian (25) telah diidentifikasi sebagai pelaku yang menabrak para pejalan kaki di trotoar Yonge Street, Toronto, pada Senin (23/4) siang waktu setempat. Dia ditangkap 25 menit usai melakukan aksi brutal yang menewaskan 10 orang dan melukai 15 orang lainnya itu. Motif Minassian melakukan aksi ini belum diketahui.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (24/4/2018), rekaman video yang didapatkan media lokal Kanada, CBC News, menunjukkan momen saat Minassian akan ditangkap. Video itu menunjukkan seorang polisi sedang berhadapan dengan Minassian yang menodongkan sebuah objek mirip pistol.

[Gambas:Video 20detik]



Polisi tersebut sendirian dan menggunakan mobil polisinya sebagai pelindung. Sang polisi dan Minassian saling todong di tengah jalanan. Minassian kemudian berteriak 'Bunuh saya' ke arah polisi yang menodongkan pistol kepadanya.

"Tidak, tiarap," balas sang polisi yang tiba di lokasi hanya beberapa menit usai Minassian menabrak para pejalan kaki pada Senin (23/4) waktu setempat.

"Saya punya senjata api di kantong saya," ucap Minassian lagi. "Saya tidak peduli. Tiarap," ujar sang polisi yang tidak disebut namanya.

Video kemudian menunjukkan Minassian tengkurap dan diborgol oleh sang polisi.


Ketenangan dan cara sang polisi Kanada ini berhadapan dengan Minassian menuai pujian di media sosial. "Wow untuk cara polisi Kanada ini melumpuhkan tersangka pembunuh," sebut pengguna Twitter bernama Stuart A Thompson dalam komentarnya.

Diketahui bahwa polisi-polisi di Amerika Serikat (AS), negara tetangga Kanada, kerap dikritik karena terlalu cepat menarik pelatuk pistol saat berhadapan dengan pelaku kasus penembakan. Tidak sedikit pelaku yang tewas ditembak polisi saat ditangkap.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Toronto, Mark Saunders, menyebut perilaku sang polisi mencerminkan 'pelatihan berkaliber tinggi yang telah dijalaninya'. Kepolisian Toronto enggan menyebut identitas polisi yang menangkap Minassian itu. "Mereka diajari untuk menggunakan kekuatan sekecil mungkin, dalam situasi apapun," sebut Saunders.


Pensiunan inspektur polisi Kanada, Gary Clement, menuturkan kepada Reuters bahwa polisi yang terekam video terlihat 'sangat berpengalaman dan sangat dewasa'. "Cukup jelas bahwa tersangka ingin agar dia dibunuh. Saya akan mengatakan bahwa pelaku bertemu polisi yang tepat. Tidak ada yang tahu bagaimana mereka akan bereaksi. Dalam situasi ini, banyak yang berujung pada memori otot. Polisi ini bertindak dengan cara sangat dewasa," ujar Clement.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed