detikNews
Senin 05 Maret 2018, 17:07 WIB

Tiba di Korut, Utusan Korsel Makan Malam dengan Kim Jong-Un

Novi Christiastuti - detikNews
Tiba di Korut, Utusan Korsel Makan Malam dengan Kim Jong-Un Utusan Khusus Korsel yang berangkat ke Korut (REUTERS/Jung Yeon-je/Pool)
Pyongyang - Delegasi tinggi Korea Selatan (Korsel) yang diutus secara khusus oleh Presiden Moon Jae-In ke Korea Utara (Korut), berhasil menemui langsung pemimpin rezim komunis itu, Kim Jong-Un. Delegasi beranggotakan 10 orang ini menjadi pejabat-pejabat Korsel pertama yang menemui Kim Jong-Un.

Kabar pertemuan delegasi Korsel dan Kim Jong-Un itu disampaikan oleh Istana Kepresidenan Korsel atau Cheong Wa Dae atau Blue House, seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, Senin (5/3/2018).

"Ketua Kim Jong-Un saat ini sedang menjamu makan malam untuk para utusan khusus," ucap juru bicara Cheong Wa Dae, Kim Eui-Kyeom, dalam press briefing di Seoul.


Ini merupakan pertama kalinya pemimpin Korut Kim Jong-Un bertemu dengan pejabat Korsel. Makan malam itu dilaporkan mulai digelar sejak pukul 18.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 16.00 WIB.

Delegasi Korsel ini tiba di Pyongyang pada Senin (5/3) siang, sekitar pukul 14.50 waktu setempat, atau sekitar satu jam usai keberangkatan mereka dari Pangkalan Udara Seoul. Dijadwalkan mereka akan kembali pulang ke Korsel pada Selasa (6/3) besok.

Delegasi Korsel ini dipimpin oleh Kepala Kantor Keamanan Nasional Korsel, Chung Eui-Yong. Delegasi ini terdiri dari lima utusan khusus, termasuk Kepala Dinas Intelijen Nasional Korsel Suh Hoon dan Wakil Menteri Unifikasi Korsel Chun Hae-Sung, serta lima staf pendukung.

[Gambas:Video 20detik]


Belum ada laporan dari media nasional Korut soal makan malam dengan Kim Jong-Un ini. Namun media resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) telah memberitakan kehadiran delegasi tinggi Korsel di Pyongyang.

"Delegasi utusan khusus Presiden Korea Selatan, termasuk Kepala Kantor Keamanan Nasional Chung Eui-Yong, tiba di Pyongyang pada 5 Maret," sebut KCNA dalam laporan singkatnya.

Dalam laporan terpisah, Korean Central Broadcasting Station menyebut delegasi Korsel disambut oleh Ri Song-Gwong, pejabat Korut yang menjabat Kepala Badan Urusan Antar-Korea. Ri sebelumnya berkunjung ke Korsel sebagai bagian dari delegasi tinggi Olimpiade Musim Dingin pada Februari lalu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com