DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 13:36 WIB

Langka! Ekidna Albino Tertangkap Kamera di Tasmania

Rina Atriana - detikNews
Langka! Ekidna Albino Tertangkap Kamera di Tasmania Ekidna albino di Tasmania (Foto: Dok. Honorata dan Seb Paszek via News Corp Australia)
Tasmania - Pasangan turis asal Polandia yang tengah berlibur di Tasmania, Australia, menemukan sesuatu yang tak biasa. Mereka melihat ekidna albino tampak melintas di depannya.

Dilansir dari news.com.au, Kamis (14/12/2017), pasangan bernama Honorata dan Seb Paszek itu melihat ekidna albino pada Rabu (13/12) kemarin di Pulau Bruny. Sementara itu mereka sendiri tiba di Australia pada Senin (11/12).

Ekidna atau biasa disebut babi duri itu biasanya berwarna cokelat. Honorata dan Seb Paszek tak menyangka dan merasa beruntung bisa melihat secara langsung hewan albino itu.

"Saat melihatnya, kami sebenarnya tidak tahu nama binatang itu. Hewan itu benar-benar eksotis bagi kami dan mengingatkan akan landak kecil yang kami miliki di Polandia," tutur Razek.

"Kami yakin itu bukan landak, tapi landak jadi satu-satunya asosiasi yang terpikir oleh kami," imbuhnya.


Meski hanya melihat sejenak, mereka kemudian memotretnya. Namun, karena tak ingin mengganggungnya setelah memotret, mereka meninggalkan agar bisa beraktivitas dengan leluasa.

"Kami tidak ingin menjadi usil dan mengganggu dia. Kami baru saja merekamnya, memotret beberapa gambar, dan berkata 'ok, selamat bersenang-senang!'," jelas Razek.

Direktur Konservasi Margasatwa Bonorong Greg Irons mengatakan, muncul 'rentetan' penampakan albino di Tasmania dalam seminggu terakhir. Di antaranya kecoa albino, burung murai albino, dan seekor merak albino.

Menurut Irons, hewan albino memiliki harapan hidup yang lebih pendek karena mereka menonjol untuk predator. Selama ini hewan peliharaan merupakan ancaman terbesar terhadap ekidna.


(rna/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed