DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 06:37 WIB

Miris, Burung Kakatua Putih hingga Beo Ini Disekap di Pipa Paralon

Niken Purnamasari - detikNews
Miris, Burung Kakatua Putih hingga Beo Ini Disekap di Pipa Paralon Foto: Dok. AFP
Jakarta - Sebanyak 125 ekor burung hias ditemukan di dalam pipa paralon berukuran sempit di Labuha, Maluku Utara. Penyelundup burung tersebut ditangkap polisi dalam penggerebekan.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (18/11/2017), ada 84 burung beo dan 41 burung kakatua putih yang berada di pipa paralon itu. Mirisnya lagi, di bagian ujung pipa terdapat kawat. Mirip seperti kandang.

Miris, Burung Kakatua Putih hingga Beo Ini Disekap di Pipa ParalonMiris, Burung Kakatua Putih hingga Beo Ini Disekap di Pipa Paralon Foto: Dok. AFP

Dari foto terlihat kondisi burung-burung tersebut yang begitu memprihatinkan. Mereka berada di pipa paralon berukuran sempit yang tidak memungkinkan untuk bergerak leluasa.

Mereka juga tampak lemas di dalam 'kandang' pipa paralon tersebut. Pihak kepolisian setempat saat ini telah menangkap penyelundup burung tersebut. Ada empat orang pria yang menjadi pelaku penyelundupan.

Miris, Burung Kakatua Putih hingga Beo Ini Disekap di Pipa ParalonMiris, Burung Kakatua Putih hingga Beo Ini Disekap di Pipa Paralon Foto: Dok. AFP


Pelaku dapat dihukum lima tahun penjara dan didenda Rp 100 juta.

Burung kakatua putih sendiri terdaftar sebagai salah satu hewan yang terancam punah oleh Perhimpunan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).
(nkn/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed