DetikNews
Selasa 31 Oktober 2017, 17:22 WIB

Kapal Pengungsi Rohingya Tenggelam Dekat Bangladesh, 4 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Kapal Pengungsi Rohingya Tenggelam Dekat Bangladesh, 4 Orang Tewas Pengungsi Rohingya menyeberang perbatasan Bangladesh (REUTERS/ Zohra Bensemra)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Dhaka - Kapal yang ditumpangi para pengungsi Rohingya terbalik dan tenggelam di pantai Bangladesh. Sedikitnya empat orang, termasuk dua anak-anak, tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (31/10/2017), keempat korban tewas terdiri dari seorang pria, seorang wanita dan dua anak-anak.

Dituturkan Mohammad Abul Khair selaku pejabat yang bertugas pada kantor polisi Ukhiya, warga setempat yang tinggal di kawasan tepi pelabuhan Cox's Bazar, Bangladesh bergegas menolong para pengungsi Rohingya yang kapalnya tenggelam.

Sebanyak 37 orang berhasil diselamatkan ke tepi atau berenang menyelamatkan diri. Dari jumlah itu, sekitar 11 orang dilarikan ke rumah sakit setempat dalam kondisi kritis.


Para pengungsi itu menumpang kapal kayu yang sebenarnya merupakan kapal pencari ikan, yang tidak mampu menampung banyak orang. Kapal itu terbalik saat berlayar di tengah lautan, dengan gelombang besar dan hujan deras mengguyur.

Menurut beberapa korban selamat dalam insiden ini, para pengungsi membayar hingga 50 ribu kyat (Rp 500 ribu) untuk dibawa dari Myanmar ke Bangladesh. Kebanyakan pengungsi yang menumpang kapal ini meninggalkan rumah mereka di Buthidaung, Rakhine.

Lebih dari 600 ribu pengungsi Rohingya telah tiba di Bangladesh sejak akhir Agustus lalu, saat konflik kembali pecah di Rakhine. Serangan militan Rohingya atau ARSA terhadap pos polisi dan kamp militer memicu operasi besar-besaran dari militer Myanmar.

Eksodus warga Rohingya pun tak terhindarkan akibat operasi militer itu. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut operasi militer besar-besaran itu sebagai praktik 'pembersihan etnis'. Namun hal itu dibantah oleh pemerintah dan militer Myanmar.


Kebanyakan warga Rohingya yang mengungsi memilih menyeberangi lautan dan sungai yang sangat berisiko demi mencapai wilayah Bangladesh. Namun nahas, kebanyakan mereka tewas tenggelam dalam perjalanan. Sejak Agustus, tercatat sedikitnya 200 pengungsi Rohingya tewas tenggelam saat akan mengungsi ke Bangladesh.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed