DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 13:53 WIB

Korut Ancam AS Akan Hadapi Serangan Tak Terbayangkan

Novi Christiastuti - detikNews
Korut Ancam AS Akan Hadapi Serangan Tak Terbayangkan Ilustrasi peluncuran rudal Korut (KCNA/via REUTERS)
Pyongyang - Korea Utara (Korut) kembali melontarkan ancaman terhadap Amerika Serikat (AS). Korut memperingatkan AS akan menghadapi serangan militer yang tak terbayangkan.

Dalam pernyataan melalui kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (19/10/2017), Korut menyebut AS telah membawa target-target utama ke dekat mereka. Target yang dimaksud adalah aset militer AS yang kini ada di dekat Semenanjung Korea.

Salah satunya adalah kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan yang ikut dalam latihan Angkatan Laut gabungan AS-Korea Selatan (Korsel) yang dimulai awal pekan ini. Sedangkan pesawat tempur AS, termasuk pesawat pengebom strategis B-1B Lancer ikut dalam Pameran Pertahanan dan Dirgantara Internasional Seoul.


Bulan lalu, rezim komunis Korut mengancam akan menembak jatuh pesawat militer AS, setelah pesawat pengebom B-1B terbang di dekat wilayah Korut.

"AS mengamuk dengan membawa target-target yang kami anggap utama, di depan mata kami," sebut KCNA merujuk pada latihan militer gabungan yang digelar AS-Korsel.

"AS boleh berharap bahwa mereka akan menghadapi serangan yang tak terbayangkan di waktu yang tak terbayangkan," imbuh KCNA dalam pernyataan berbahasa Inggris itu.

Ketegangan di Semenanjung Korea terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Terutama setelah AS dan Korsel bersikeras menggelar latihan militer gabungan di dekat Semenanjung Korea. Korut menentang latihan gabungan itu dan menganggapnya sebagai latihan perang untuk menginvasi wilayahnya.


Pekan lalu, surat kabar Korsel, Donga Ilbo yang mengutip sumber pemerintah Korsel, melaporkan aktivitas pemindahan rudal oleh Korut. Menurut sumber itu, sejumlah citra satelit menunjukkan beberapa rudal balistik dimasukkan ke dalam kendaraan peluncur dan dibawa keluar dari hanggar yang ada di dekat ibu kota Pyongyang dan di Provinsi Phyongan Utara.

Aktivitas ini membuat para pejabat militer AS dan Korsel mencurigai Korut bersiap meluncurkan rudal dalam waktu dekat.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed