DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 02:48 WIB

Korban Kebakaran Hutan di Portugal dan Spanyol Menjadi 34 Orang

Hary Lukita Wardani - detikNews
Korban Kebakaran Hutan di Portugal dan Spanyol Menjadi 34 Orang Foto: Dok. REUTERS/Miguel Vidal
Vigo - Korban meninggal pada kebakaran di Spanyol dan Portugal bertambah menjadi 34 orang. Hingga saat ini ada sekitar 5.000 petugas pemadam kebakaran yang diturunkan.

Dilansir AFP, 31 orang meninggal di Portugal. Selain itu ada 51 orang lainnya mengalami luka-luka dan 15 di antaranya mengalami luka serius.

Salah seorang warga di Coimbra mengatakan daerahnya seperti neraka. Karena api yang menjalar hampir memenuhi daerah tersebut.

"Kami seperti mengalami di neraka, itu mengerikan, ada api di mana-mana," kata salah seorang penduduk, Selasa (17/10/2017).

Di daerah tersebut, banyak ditemukan warga yang tewas di dalam mobil karena tertimpa tiang listrik. Di jalan-jalan ditemukan banyak pohon yang roboh dan terbakar.

"Sebagian besar korban tewas di mobil mereka, tapi kami juga menemukannya di dalam rumah mereka," kata Wali Kota Oliveira do Hospital, Jose Carlos Alexandrino.

Sedangkan tiga orang lainnya tewas di Spanyol. Dua orang perempuan meninggal karena terjebak di mobil van di dekat Nigran, di luar Vigo. Sementara satu orang laki-laki meninggal di kandang binatang dekat rumahnya.


Ahli meteorologi mengatakan Ophelia adalah badai paling kuat yang tercatat di Atlantik dan yang pertama sejak 1939. Sebelumnya puluhan titik kebakaran hutan muncul di Spanyol dan Portugal. Kebakaran hutan ini diperparah oleh hembusan angin dari badai Ophelia yang mencapai 90 kilometer per jam.

Korban meninggal sebelumnya 9 orang. Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa telah mengumumkan insiden ini sebagai bencana publik. Pemerintah telah mengerahkan 3.700 petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api. PM Costa menyebut, sedikitnya ada 15 titik kebakaran yang muncul di wilayah Galicia.


(lkw/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed