DetikNews
Senin 09 Oktober 2017, 13:08 WIB

Trump Sebut Hanya Satu Hal yang Akan Berhasil Soal Korut, Apa Itu?

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Sebut Hanya Satu Hal yang Akan Berhasil Soal Korut, Apa Itu? Donald Trump (REUTERS/Yuri Gripas)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali melontarkan komentar terkait Korea Utara (Korut). Trump menyebut upaya AS untuk berunding dengan Korut telah gagal dan menegaskan 'hanya satu hal yang akan berhasil'.

Seperti dilansir CNN, Senin (9/10/2017), komentar Trump soal Korut untuk kesekian kalinya ini disampaikan via Twitter, yang dipostingnya pada Sabtu (7/10) sore waktu AS. Dia menyebut kesepakatan yang dicapai dengan Korut oleh pemerintahan AS sebelumnya telah dilanggar.

"Para Presiden dan pemerintahan mereka telah berbicara dengan Korea Utara selama 25 tahun, kesepakatan dicapai dan sejumlah besar uang dibayarkan ... tidak berhasil, kesepakatan dilanggar sebelum tintanya kering, membuat para perunding AS tampak bodoh," sebut Trump dalam kicauannya.

"Maaf, tapi hanya satu hal yang akan berhasil!" imbuhnya dengan nada samar.


Saat ditanya oleh wartawan setempat pada hari yang sama soal kicauannya itu, Trump hanya menjawab: "Kalian akan mengetahuinya segera."

Secara terpisah, Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, mengkonfirmasi seluruh opsi bagi Korut masih terbuka saat dimintai komentar untuk kicauan Trump itu. Sanders menyatakan dirinya tidak memiliki hal baru untuk disampaikan saat ini.

Sebelumnya dalam komentarnya via Twitter, pekan lalu, Trump menyebut Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson hanya membuang-buang waktu dengan berusaha membuka saluran perundingan dengan Korut. "Simpan energi Anda Rex, kita akan melakukan apa yang harus dilakukan!" ucap Trump saat itu.

"Bersikap baik pada Manusia Roket tidak berhasil dalam 25 tahun, mengapa ini akan berhasil sekarang?" imbuh Trump via Twitter, merujuk pemimpin Korut Kim Jong-Un yang diejeknya sebagai 'manusia roket'.


Saat itu Trump menyebut kebanyakan pemerintahan AS sebelumnya tidak berhasil menghadapi Korut. "Saya tidak akan gagal," tegasnya.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed