ADVERTISEMENT

Butuh Biaya Rp 17,8 M per Bulan untuk Bersihkan Got di London

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 04 Okt 2017 14:24 WIB
Peta selokan di London (Foto: Dok. BBC)
London - Sampah yang menyumpat got-got di Kota London, Inggris, disebutkan terus bertambah banyak setiap tahunnya. Padahal, untuk sekarang saja disebutkan biaya pembersihannya setiap bulan mencapai GBP 1 juta atau setara Rp 17,8 miliar.

Dilansir dari BBC, Rabu (4/10/2017), perusahaan yang menangani sumbatan di London yakni Thames Water. Setidaknya 5 blok ditangani oleh Thames Water saat ini.

Lima blok tersebut antara lain Savoy Street, Lisle Street, Northumberland Avenue, Whitehall Place dan Whitechapel Road. Penyumbatan di selokan di 5 blok ini meningkat 30 persen pada kurun 2016-2017.

Butuh Biaya Rp 17,8 M per Bulan untuk Bersihkan Got di London Total blockages last year (Foto: Dok. BBC)
Pengangkatan sampah padat terbesar dan terberat dari selokan di London pernah dilakukan untuk selokan di wilayah Tower Hamlets. Kala itu diangkat sampah (fatberg) seberat 130 ton.

Sampah yang diangkat dari selokan tersebut terdiri atas tisu, lemak, popok, minyak, dan kondom yang membeku.

Pihak Thames Water menyatakan, rata-rata pipa saluran pembuangan di London rata-rata berdiameter sama dengan bola kriket. Oleh karena itu item-item besar seperti lap, popok, handuk saniter, dan gumpalan lemak padat akan mudah tersumbat.

Tahun 2016, Thames Water ditugaskan untuk membersihkan 41.878 sumbatan yang terjadi di selokan di London.

Penyumbatan terbanyak tercatat terjadi di pinggiran London. Sementara di pusat kotanya justru hanya ditemukan sedikit laporan penyumbatan.

Kepala 'Pemecah Lemak' dari Thames Water, Pat Lavender, mengaku senang melihat penyumbatan di pusat London tercatat menurun. "Tapi di saat yang sama ini mengkhawatirkan karena di bagian lain London, itu (penyumbatan) terus meningkat," tutur Lavender. (rna/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT