DetikNews
Rabu 13 September 2017, 06:26 WIB

Diusir dari Peru, Dubes Korut: Seperti Menyiram Bensin ke Api

Niken Purnamasari - detikNews
Diusir dari Peru, Dubes Korut: Seperti Menyiram Bensin ke Api Foto: REUTERS/Mariana Bazo
Lima - Duta Besar Korea Utara untuk Peru, Kim Hak-Chol diusir oleh pemerintah Peru lantaran uji coba nuklir yang dilakukan Korut. Hak-Chol mengibaratkan pengusiran dirinya seperti menyiram bensin ke api.

"Ini seperti menyiram bensin di atas api yang membuat kami protes dan menyesal," kata Hak-Chol dalam konferensi pers di Lima, Peru, dilansir Reuters, Rabu (13/9/2017).



Hak-Chol mengatakan, keputusan pemerintah Peru yang memerintah dirinya angkat kaki dalam waktu 5 hari sebagai tindakan yang tidak bermoral. Dia juga menyebut Peru tidak menginginkan perdamaian.

"Langkah bilateral dan diplomatik yang diambil kemarin oleh pemerintah Peru tidak memiliki penalaran yudisial dan moral. Sama sekali tidak menginginkan perdamaian dan keamanan dunia,' ujar Hak-Chol.





Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Peru menyatakan Dubes Kim Hak-Chol "persona non grata" dan diberikan waktu lima hari untuk angkat kaki dari Peru.

Keputusan tersebut diambil mengingat pelanggaran berulang kali dan terang-terangan Korut akan resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB sebelumnya.
(nkn/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed