DetikNews
Senin 11 September 2017, 12:26 WIB

Badai Irma Tewaskan 3 Orang di Florida, Trump: Ini Monster Besar

Novi Christiastuti - detikNews
Badai Irma Tewaskan 3 Orang di Florida, Trump: Ini Monster Besar Situasi yang dipicu badai Irma di Florida (REUTERS/Carlos Barria)
Florida - Tiga orang tewas dalam kecelakaan mobil yang terjadi saat badai Irma menerjang Florida, Amerika Serikat (AS) dengan membawa angin kencang dan hujan deras. Presiden AS Donald Trump menyebut badai Irma sebagai 'monster besar'.

"Kabar buruknya adalah ini semacam monster besar," tutur Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dilansir Reuters, Senin (11/9/2017).

Trump menyebut, kerusakan akibat badai Irma akan sangat besar. "Sekarang, kami khawatir soal nyawa manusia, bukan besarnya kerusakan," imbuh Trump yang baru pulang dari Camp David, tempat liburan kepresidenan di Maryland. Dia memantau dampak badai Irma dari Camp David.


Diterangkan Trump bahwa, jalur badai Irma yang mayoritas menerjang pantai barat Florida, tergolong tidak terlalu menghancurkan dari yang diperkirakan. "Saya harap tidak ada banyak orang di jalur itu (badai Irma). Anda tidak ingin berada di jalur itu," ucapnya.

Lebih lanjut, Trump menyatakan keinginannya untuk mengunjungi lokasi bencana di Florida. Sedikitnya 6,5 juta warga Florida diperintahkan mengungsi akibat badai Irma ini. "Kita akan mengunjungi Florida segera," katanya.

Trump juga memuji upaya penyelamatan yang dilakukan Patroli Laut AS dan langkah penanganan dari Badan Penanggulangan Urusan Darurat Federal AS (FEMA). Trump menyebut mereka heroik dan telah melakukan tugas dengan baik.




Trump telah menetapkan situasi bencana untuk wilayah Puerto Rico dan memperluas pencarian anggaran federal untuk US Virgin Islands. Trump juga memerintahkan pengerahan sumber daya penuh dari pemerintah federal AS untuk Florida dan negara bagian lain yang terdampak badai Irma.

"Ke mana saja badai Irma bergerak, kita akan ada di sana terlebih dulu. Kita akan ada di sana dengan sumber daya dan bantuan, baik untuk menyelamatkan nyawa dan juga membantu pemulihan serta membangun kembali negara bagian ini dan masyarakatnya" terang Wakil Presiden AS Mike Pence saat mengunjungi markas FEMA.

Sementara itu, laporan tiga korban tewas berasal dari sejumlah wilayah Florida. Salah satu korban tewas adalah seorang Wakil Sheriff Hardee County, Julie Bridges (42), yang mengalami kecelakaan saat badai melanda pada Minggu (10/9) pagi sekitar pukul 06.45 waktu setempat.

"Dia bekerja di kamp penampungan sepanjang malam dan bergegas pulang untuk mengambil sejumlah suplai," tutur Sheriff Arnold Lanier kepada AFP. Bridges mengalami kecelakaan fatal saat dalam perjalanan pulang. Kondisi jalanan saat itu dilaporkan sangat basah dan berangin.


Korban tewas lainnya merupakan seorang pegawai lembaga pemasyarakatan setempat, yang sedang berangkat kerja dengan mobilnya saat mengalami kecelakaan lalu lintas dan tewas. Kecelakaan terjadi saat badai Irma sedang menerjang kawasan tersebut.

Korban ketiga merupakan seorang pria yang tewas setelah truk yang dikendarainya tertimpa pohon yang tumbang di dekat Key West, Monroe County, Florida. Truk yang dikendarai pria ini membawa sebuah generator.


(nvc/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed