DetikNews
Jumat 11 Agustus 2017, 16:25 WIB

Eks Bos Intelijen AS: Krisis Korut Mirip Saat Akan Perang Dunia I

Novi Christiastuti - detikNews
Eks Bos Intelijen AS: Krisis Korut Mirip Saat Akan Perang Dunia I Mantan Direktur Intelijen Nasional AS James Clapper -- kiri bersama mantan Direktur CIA John Brennan -- kanan (AFP/MOLLY RILEY)
Washington DC - Mantan bos intelijen Amerika Serikat (AS) ikut mengomentari ketegangan yang dipicu perang kata-kata Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Dia menyebut situasi krisis AS-Korut saat ini mirip seperti mengarah pada Perang Dunia I.

"Entah bagaimana ini mengingatkan saya pada sejarah Perang Dunia I dan bagaimana dunia melakukan kesalahan besar," ucap mantan Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS), James Clapper, dalam program CNN Tonight, seperti dikutip dari CNN, Jumat (11/8/2017).

"Saya harap orang-orang belajar dari sejarah dan tidak mengulanginya," ujarnya.

"Saya pikir kita belum sampai di sana. Saya pikir masih ada waktu untuk langkah-langkah lainnya. Sanksi dan diplomasi dan hal-hal semacam itu," imbuhnya.


Dalam program yang sama, kepala koresponden keamanan nasional CNN Jim Scuitto menyebut warga AS akan memperhatikan peringatan yang disampaikan Clapper, karena dia telah mengabdi untuk intelijen dan militer AS di bawah banyak Presiden AS selama lebih dari 40 tahun.

"Dia baru saja mengatakan soal bagaimana hal ini mengingatkannya pada gerakan menuju perang saat Perang Dunia I," ucap Sciutto.

"Dia bukan seseorang yang suka memberikan komentar bombastis. Dia memiliki kekhawatiran mendalam soal arah situasi di Korea Utara," imbuhnya.


Dalam pernyataan terbaru kepada wartawan di klub golf miliknya di New Jersey, Trump kembali menegaskan ancamannya untuk Korut. Trump sebelumnya menyatakan akan membalas Korut dengan 'api dan kemarahan' jika rezim komunis itu terus mengancam AS.

"Mungkin itu tidak cukup keras," celetuk Trump ke wartawan. Trump juga menyebut pemerintahan sebelumnya tidak berbuat banyak untuk mengatasi isu Korut.

Korut sebelumnya mengklaim akan menembakkan empat rudal balistik jarak menengah jenis Hwasong-12 ke Guam. Korut mengklaim rudal-rudal itu akan mengudara sejauh 3.365 kilometer dalam waktu 1.065 detik atau 17 menit 45 detik.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed