DetikNews
Jumat 21 April 2017, 11:04 WIB

Champs Elysees, Jalan Raya Paling Indah di Dunia

Novi Christiastuti - detikNews
Champs Elysees, Jalan Raya Paling Indah di Dunia Champs Elysees ditutup untuk sementara usai penembakan terjadi pada 20 April malam (REUTERS/Christian Hartmann)
Paris - Penembakan di boulevard Champs Elysees, Paris, Prancis menewaskan satu polisi dan melukai dua orang lainnya. Champs Elysees yang menjadi tujuan wisata di Paris ini dikenal sebagai 'jalan raya paling indah di dunia'.

Selain sang polisi, dua orang lainnya mengalami luka-luka dalam penembakan yang terjadi di kawasan ini pada Kamis (20/4) malam. Sang pelaku, yang identitasnya belum dirilis ke publik, akhirnya tewas ditembak polisi saat berusaha melarikan diri. Dampak dari insiden ini, kawasan Champs Elysees ditutup sementara untuk publik. Warga dan wisatawan yang ada di kawasan itu telah dievakuasi.

Baca juga: Pelaku Penembakan Champs Elysees Masuk Radar Intelijen Prancis

Champs Elysees sendiri dikenal sebagai daya tarik utama wisatawan di Prancis dan menjadi 'rumah' bagi monumen Arc de Triomphe.

Menurut situs parisinfo.com, seperti dikutip detikcom pada Jumat (21/4/2017), Champs Elysees yang memiliki nama lengkap Avenues des Champs Elysees merupakan tujuan wisata di Paris yang wajib dikunjungi. Parisinfo.com merupakan situs resmi Biro Pengunjung dan Konvensi Paris, yang bertugas mempromosikan destinasi wisata di Paris. Biro itu digagas oleh Dewan Kota Paris bersama Kamar Dagang dan Industri Paris.

Champs Elysees dan Arc de Triomphe dari kejauhanChamps Elysees dan Arc de Triomphe dari kejauhan Foto: REUTERS/Charles Platiau/File Photo
Jalan raya Champs Elysees membentang sepanjang dua kilometer dari Place de la Concorde hingga Arc de Triomphe. Di kawasan Champs Elysees, para wisatawan bisa berjalan kaki secara santai di trotoar yang lebar dan penuh pertokoan mewah.

"Seperti Menara Eiffel, jalan raya ini juga simbol kota Paris," sebut situs parisinfo.com tersebut.

Baca juga: Pelaku Penembakan di Champs Elysees Tewas Ditembak Polisi

Di sepanjang Champs Elysees, terdapat berbagai restoran mewah seperti l'Atelier Renault dan Ledoyen, terdapat juga berbagai kelab malam. Tidak hanya itu, butik-butik bermerek kelas dunia seperti Louis Vuitton, Mont-Blanc, Guerlain, Ferrari dan sebagainya juga ada. Tak ketinggalan, pertokoan ternama seperti Banana Republik, Abercrombie, Sephora dan lain-lain juga ada di kawasan ini.

Museum-museum ternama Prancis seperti Grand Palais, Petit Palais, Palais de la Decouverte dan Espace Culturel Louis Vuitton tersebar di sepanjang Champs Elysees. Kawasan Champs Elysees juga menjadi lokasi berbagai acara besar tahunan di Paris, seperti parade militer Bastille Day, yang merupakan hari kemerdekaan Prancis. Titik kedatangan ajang balap sepeda dunia, Tour de France, juga berada di kawasan ini.

Situasi di kawasan Champs Elysees usai penembakanSituasi di kawasan Champs Elysees usai penembakan Foto: Benjamin Cremel/AFP
Sedangkan Arc de Triomphe disebut sebagai monumen berbentuk lengkung terbesar di dunia. Monumen bersejarah ini menghadap langsung ke arah Champs Elysees. Monumen ini diperintahkan dibangun oleh Napoleon Bonaparte pada tahun 1806 untuk merayakan kemenangannya dalam perang Austerlitz. Tiga arsitek yakni Chalgrin, Joust dan Blouet bersama-sama membangun monumen ini. Dari atas Arc de Triomphe, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan indah kota Paris, baik saat siang hari maupun malam hari.




(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed