DetikNews
Selasa 18 April 2017, 15:24 WIB

Ini Pesan Singkat Trump untuk Kim Jong-Un

Novi Christiastuti - detikNews
Ini Pesan Singkat Trump untuk Kim Jong-Un Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali melontarkan pesan singkat untuk pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un di tengah ketegangan Semenanjung Korea. Trump menyerukan Kim Jong-Un untuk berperilaku baik.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/4/2017), komentar singkat Trump ini disampaikan saat menghadiri acara Easter Egg Roll ke-139 yang merupakan tradisi Paskah setiap tahunnya di Gedung Putih pada Senin (17/4) waktu setempat. Trump didampingi oleh Ibu Negara Melania Trump.

"Ada pesan untuk Korea Utara, pak, untuk Kim Jong-Un?" tanya seorang reporter CNN di sela-sela acara tersebut.

"Harus berperilaku baik," jawab Trump singkat.

Baca juga: Korut Buka Opsi 'Lakukan Serangan Nuklir' terhadap AS

Komentar Trump ini disampaikan setelah situasi menegangkan antara AS dengan Korut terjadi selama sepekan terakhir. Trump melontarkan retorika keras dengan mengancam akan menyerang Korut secara sepihak, jika China gagal menghentikan ambisi sekutunya itu.

Korut memperingati hari kelahiran Kim Il-Sung, pendiri negara komunis itu, pada 15 April lalu. Banyak spekulasi menyebut Korut akan menggelar uji coba nuklir pada hari itu, meskipun nyatanya Korut hanya menggelar uji coba rudal dan gagal.

Terlepas dari itu, hubungan AS dengan Korut masih tegang. Yang terbaru, Korut menyatakan siap melancarkan serangan nuklir terhadap AS jika terbukti AS menyiapkan serangan terhadap wilayahnya.

Wakil Presiden AS Mike Pence mengunjung perbatasan Korea Selatan (Korsel) dan Korut pada Senin (17/4) waktu setempat. Pence memperingatkan agar Korut tidak menguji tekad Trump. Dia juga menyatakan 'seluruh opsi masih ada di meja' merujuk pada solusi isu Korut.

Baca juga: Wapres AS Ingatkan Korut Tidak Menguji Tekad Trump Soal Nuklir


(nvc/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed