DetikNews
Minggu 27 November 2016, 02:12 WIB

Fidel Castro Wafat, Pemerintah Kuba Tetapkan 9 Hari Berkabung

Aditya Mardiastuti - detikNews
Fidel Castro Wafat, Pemerintah Kuba Tetapkan 9 Hari Berkabung Foto: Reuters
Havana - Pemerintah Kuba menyatakan hari berkabung nasional untuk menghormati kematian ikon revolusi Kuba, Fidel Castro. Hari berkabung nasional itu akan diperingati selama 9 hari.

"Pada 26 November hingga 4 Desember semua aktivitas publik dan acara akan berhenti, bendera nasional akan dikibarkan setengah tiang di seluruh bangunan umum dan instansi militer," tulis pernyataan dari pejabat eksekutif Kuba, seperti dikutip dari kantor berita AFP, Minggu (27/11/2016).

"Abu kremasi Castro akan dikuburkan di kota selatan Santiago pada 4 Desember setelah melalui prosesi empat hari melewati negara," tambah dia.

Baca juga : Meninggal pada Usia 90 Tahun, Fidel Castro Akan Dikremasi Sesuai Permintaan

Fidel Castro merupakan pemimpin Kuba yang paling lama menjabat di negeri komunis itu. Berkuasa sejak revolusi tahun 1959, Castro memimpin Kuba selama hampir 50 tahun.

Dia meninggal pada Jumat (25/11) pukul 22.29 waktu setempat. Hal itu disampaikan oleh Presiden Raul Castro yang merupakan adik kandung Fidel.

Raul tidak menyebutkan penyebab kematian Castro. Namun kondisi kesehatan Castro dilaporkan menurun setelah dirinya menjalani operasi usus pada tahun 2006 silam.

Sejak itu, Fidel menyerahkan kekuasaan secara temporer kepada sang adik, Raul. Penyerahan kekuasaan itu kemudian dilakukan secara resmi pada tahun 2008.


(ams/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed