Raja Bhumibol Mangkat, Ratu Elizabeth II Jadi Penguasa Monarki Terlama Dunia

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Kamis, 13 Okt 2016 22:20 WIB
Ratu Elizabeth II dan Raja Bhumibol Adulyadej (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)
Bangkok - Mendiang Raja Bhumibol Adulyadej tercatat menjadi penguasa monarki terlama di dunia. Raja yang suka memainkan musik saksofon ini memimpin Kerajaan Thailand selama 70 tahun.

Namun kini, penguasa monarki terlama dipegang oleh Ratu Elizabeth II. Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2016), Ratu Elizabeth II memerintah Kerajaan Inggris dan 13 persemakmurannya selama 64 tahun.

Ratu Elizabeth II naik tahta pada tanggal 6 Februari 1952 setelah ayahanda Raja George VI wafat. Ratu Elizabeth II kemudian dinobatkan pada tanggal 2 Juni 1953 atau setahun setelahnya.

Raja Bhumibol Adulyadej, Ratu Sirikit menerima kunjungan Ratu Elizabeth II di ThailandFoto: REUTERS/Dylan Martinez
Raja Bhumibol Adulyadej, Ratu Sirikit menerima kunjungan Ratu Elizabeth II di Thailand


Saat ini Ratu Elizabeth II berumur 90 tahun. Ia lahir di Mayfair, London, Inggris pada tanggal 21 April 1926.

Baca juga: Raja Bhumibol Meninggal Dunia, Thailand Tetapkan Masa Berkabung 1 Tahun

Hingga saat ini, kesehatan ibunda dari Pangeran Charles ini masih stabil. Ia tak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Tercatat, Ratu Elizabeth II sudah melewati 10 kali masa kepemimpinan Presiden Amerika Serikat. Mulai dari Presiden Dwight D Eisenhower, John F. Kennedy, Richard M. Nixon, Gerald Ford, Jimmy Carter, Ronald Reagan, George Bush, Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama.

Rakyat Thailand berduka atas mangkatnya Raja Bhumibol AdulyadejFoto: REUTERS/Jorge Silva
Rakyat Thailand berduka atas mangkatnya Raja Bhumibol Adulyadej


Selain itu, Ratu Elizabeth II juga sudah mengalami 13 pergantian perdana menteri Inggris, 14 pergantian perdana menteri Australia, dan 12 pergantian perdana menteri Kanada. Ratu Elizabeth II juga sempat mengalami beberapa peristiwa penting selama memerintah Kerajaan Inggris.

Baca juga: Raja Pemersatu Rakyat Thailand Pencipta Puluhan Lagu Jazz Itu Kini Telah Tiada

Seperti misalnya, Perang Falkland, Perang Afganistan, kematian menantunya Putri Diana, kematian ibunya Ibu Suri Ratu Elizabeth, dan beberapa peristiwa penting lainnya. Ratu Elizabeth II yang mempunyai nama asli Elizabeth Alexandra Mary ini juga tercatat sebagai ratu terlama yang pernah memimpin Kerajaan Inggris dan negara persemakmuran melewati masa kepemimpinan Ratu Victoria.

Diberitakan sebelumnya, Raja Bhumibol Adulyadej naik tahta pada tanggal 9 Juni 1946 dan koronasinya dilakukan pada tanggal 5 Mei 1950. Raja bergelar Rama IX ini menggantikan raja sebelumnya bernama Ananda Mahidol atau Rama VIII.

Raja Bhumibol mempunyai istri bernama Ratu Sirikit. Ia menikah dengan Sirikit pada tanggal 28 April 1950.

Baca juga: Raja Thailand Mangkat, Kemlu: ASEAN dan Dunia Merasa Kehilangan

Dari hasil pernikahan dengan Ratu Sirikit, Raja Bhumibol dikaruniai 4 orang anak yaitu Putri Ubolratana Rajakanya, Pangeran Putra Mahkota Vajiralongkorn, Putri Sirindhorn, dan Putri Chulabhorn Walailak.

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mangkat setelah 70 tahun memerintahFoto: REUTERS/Chaiwat Subprasom
Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mangkat setelah 70 tahun memerintah


Raja Bhumibol sudah 6 tahun terakhir ini berada di Rumah Sakit Siriraj. Raja yang banyak menghabiskan masa kecilnya di Amerika Serikat dan Swiss ini sangat menyukai musik jazz.

Baca juga: Presiden Jokowi Berduka atas Meninggalnya Raja Thailand

Tidak sekedar menyukai musik jazz, namun Raja Bhumibol juga piawai memainkan alat musik saksofon. Tak cuma itu, Raja Bhumibol telah menulis sekitar 40 judul lagu bernuansa jazz. Selain itu juga, Raja Bhumibol menciptakan lagu mars bagi Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand dan juga almamater universitasnya. (yds/nvc)