DetikNews
Jumat 30 September 2016, 19:09 WIB

Bulgaria Larang Pemakaian Burka di Tempat Publik, Pelanggar Terancam Denda

Novi Christiastuti - detikNews
Bulgaria Larang Pemakaian Burka di Tempat Publik, Pelanggar Terancam Denda Ilustrasi (AFP PHOTO/SHAH Marai)
Sofia - Parlemen Bulgaria meloloskan aturan yang menetapkan pemakaian burka yang menutup wajah di publik sebagai pelanggaran hukum. Aturan ini memasukkan Bulgaria ke dalam daftar negara-negara Uni Eropa yang melarang burka di tengah sengitnya perdebatan soal kebebasan beragama.

"Melarang pemakaian pakaian di publik yang menutupi wajah baik sebagian maupun seluruhnya," demikian bunyi aturan hukum yang diloloskan parlemen Bulgaria, seperti dilansir AFP, Jumat (30/9/2016).

Aturan hukum itu merujuk pada burka atau yang juga disebut niqab di Eropa.

Baca juga: Parlemen Swiss Dukung Larangan Burka di Tempat Umum

Pelanggaran terhadap aturan itu terancam hukum denda, yang ditetapkan sebesar 200 leva (Rp 1,4 juta) untuk pelanggaran pertama. Besaran denda meningkat menjadi 1.500 leva (Rp 11,2 juta) untuk pelanggaran berulang atau yang dilakukan lebih dari satu kali.

Sebagai salah satu negara kawasan Eropa, Bulgaria tercatat memiliki sekitar 13 persen warga muslim dari total populasinya. Sebagian besar komunitas muslim di Bulgaria berasal dari Turki.

Kebanyakan wanita muslim di Bulgaria hanya mengenakan hijab sederhana. Namun beberapa waktu terakhir, dilaporkan terdapat sedikit peningkatan jumlah wanita muslim yang mengenakan burka lengkap dengan cadar di kalangan muslim ultra-konservatif dari minoritas Rumania.

Baca juga: Kota Davao Filipina Larang Burka Masuk Mal

Minoritas Rumania di Bulgaria berjumlah sekitar 10 persen dari total populasi negara tersebut. Dari 10 persen itu, sekitar sepertiganya menganut Islam. Beberapa kota di Bulgaria telah memberlakukan larangan burka namun untuk level lokal.

Aturan hukum yang melarang burka ini disepakati meskipun ada perlawanan dari partai minoritas MDL, yang menuding partai-partai Bulgaria menebar intoleransi beragama.

Selain Bulgaria, Prancis dan Belgia juga melarang pemakaian burka. Sedangkan Swiss baru akan membahas aturan hukum melarang burka secara nasional dalam parlemennya, pekan ini. Di Jerman, Menteri Dalam Negeri mendukung larangan burka secara parsial.


(nvc/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed