DetikNews
Jumat 19 Agustus 2016, 18:45 WIB

Selang 27 Hari, Pesawat Militer India Bawa 29 Orang Masih Hilang Misterius

Novi Christiastuti - detikNews
Selang 27 Hari, Pesawat Militer India Bawa 29 Orang Masih Hilang Misterius Ilustrasi (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
New Delhi - Menghilang sejak 27 hari lalu, sebuah pesawat militer India belum ditemukan. Pesawat yang membawa 29 orang ini menghilang misterius dari radar saat melintasi Teluk Benggala pada Juli lalu.

Pesawat transportasi militer jenis Antonov AN-32 milik Angkatan Udara India ini, membawa 29 orang saat lepas landas dari Chennai, India bagian selatan, pada pagi hari tanggal 22 Juli. Saat itu, pesawat terbang menuju Port Blair, pangkalan militer India di Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Penerbangan itu memakan waktu 3 jam, namun sekitar 42 menit usai lepas landas, pesawat terlihat miring ke kiri kemudian menurunkan ketinggian dengan cepat dari 7 ribu meter dan menghilang dari radar.

"Tidak ada SOS... Tidak ada transmisi pada frekuensi apapun. Menghilang begitu saja," terang Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar, kepada parlemen India, bulan lalu, seperti dilansir CNN, Jumat (19/8/2016).

Baca juga: Angkut 29 Personel Militer, Pesawat Angkatan Udara India Hilang dari Radar

Beberapa menit sebelum menghilang, sebut Parrikar, pilot pesawat mengaku berbelok ke kanan untuk menghindari awan mendung yang besar. Pada saat itulah pesawat menghilang dari radar, atau selang 8-10 menit sebelum pesawat mencapai batas jangkauan radar di area tersebut.

Port Blair, yang masih termasuk wilayah India, merupakan ibu kota Kepulauan Andaman dan Nicobar di wlayah Samudera Hindia. Kepulauan itu terdiri atas 500 pulau, namun hanya tiga pulau yang dihuni.

Sejak saat itu, tim pencari dikerahkan dan terus menyisir area Teluk Benggala untuk mencari pesawat militer itu. Pencarian sinyal darurat dengan alat transmisi pencari juga dikerahkan. Namun sayang, upaya itu tak membuahkan hasil.

Juru bicara Angkatan Udara India, Anupam Banerjee, menyatakan lebih dari 1.000 jam dihabiskan untuk terbang menyusuri area yang menjadi lokasi hilangnya pesawat. Sedangkan Angkatan Laut India mengerahkan lima kapal dan beberapa pesawat untuk membantu pencarian.

Baca juga: Pesawat Militer India Berbelok dan Hilang Ketinggian Drastis Sebelum Hilang

Kapal yang melakukan pencarian termasuk sebuah kapal survei yang dilengkapi sonar untuk memindai dasar laut hingga kedalaman 4 kilometer, dan juga sebuah kapal selam. Namun tetap saja tim pencari tidak menemukan petunjuk keberadaan pesawat. Beberapa puing muncul di laut, tapi hasilnya nihil alias tidak berkaitan dengan pesawat yang hilang.


(nvc/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed