DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 14:47 WIB

Elon Musk Bawa Kapal Selam Mini Untuk Selamatkan Remaja Thailand

Novi Christiastuti - detikNews
Elon Musk Bawa Kapal Selam Mini Untuk Selamatkan Remaja Thailand Elon Musk (Reuters)
Bangkok - Pengusaha Amerika, Elon Musk, sangat serius dengan niatnya membantu upaya penyelamatan remaja-remaja Thailand yang terjebak di gua. Musk menyebut dirinya sudah berada di lokasi dengan membawa prototipe kapal selam mini untuk membantu mengevakuasi remaja-remaja itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/7/2018), sejauh ini masih ada empat remaja dan satu pelatih sepakbola mereka yang terjebak di dalam gua Tham Luang yang masih dibanjiri air. Delapan remaja lainnya telah berhasil dibawa keluar oleh sejumlah tim penyelam dalam operasi yang penuh risiko dan memakan banyak waktu serta tenaga.


Dalam kicauan via Twitter, Musk menyebut dirinya sudah ada di gua Tham Luang dengan membawa prototipe kapal selam mini.

"Baru saja kembali dari Gua 3," sebut Musk. "Kapal selam mini sudah siap jika dibutuhkan. Ini terbuat dari suku cadang roket dan diberi nama Wild Boar seperti nama klub sepakbola anak-anak itu," imbuhnya.

"Meninggalkannya di sini jika sewaktu-waktu dibutuhkan di masa mendatang," ucap Musk.


Total 8 Bocah Telah Terselamatkan dari Gua Thailand, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Dalam akun Instagramnya, Musk mengunggah video yang menunjukkan suasana di dalam gua yang masih dilanda banjir dengan para penyelamat siaga di lokasi. Gua 3 yang disebut Musk, berada di titik berjarak 2 kilometer dari pintu masuk gua. Titik itu menjadi markas tim penyelamat.

Empat remaja dan satu pelatih yang masih terjebak berada di dalam bilik gua yang lebih dalam, sekitar 4 kilometer dari pintu masuk gua. Titik itu sangat sulit diakses, terlebih ditambah genangan banjir masih belum surut. Operasi penyelamatan yang masih berlanjut hingga kini fokus pada misi penyelaman untuk mengevakuasi para remaja itu dan pelatihnya.

Dua misi penyelaman yang dilakukan sebelumnya memakan waktu lebih dari 11 jam. Setiap remaja diberi masker selam yang tersambung dengan tangki oksigen yang dibawa oleh dua penyelam yang mendampingi mereka. Setiap remaja harus didampingi dua penyelam handal karena beberapa dari mereka tidak bisa berenang. Jalur yang dilalui sangat panjang, rumit, sempit dan gelap sehingga dibutuhkan kehati-hatian ekstra.


Empat remaja berhasil dibawa keluar gua dalam misi pertama pada Minggu (8/7). Kemudian dalam misi kedua pada Senin (9/7) waktu setempat, empat remaja lainnya berhasil dievakuasi dengan selamat.

Remaja yang terjebak ini merupakan anggota tim sepakbola lokal bernama Wild Boar, dengan kisaran usia antara 11 hingga 16 tahun. Mereka didampingi oleh seorang pelatih yang berusia 25 tahun. Mereka masuk ke dalam gua saat hujan deras melanda yang memicu banjir di dalam gua.

Sejauh ini belum ada indikasi kapal selam mini yang dibawa Musk akan dilibatkan dalam misi penyelamatan. Musk menyebut kapal selam mini ini 'pada dasarnya merupakan kapal selam ukuran anak-anak yang sangat kecil yang menggunakan saluran transfer oksigen cair dari roket Falkon sebagai lambungnya'. Menurut Musk, kapal selam mini ini bisa dibawa dua penyelam dan bisa melewati jalur yang sempit di dalam gua. Orang yang ada di dalam kapal selam mini tidak harus ikut berenang.


[Gambas:Video 20detik]



Elon Musk Bawa Kapal Selam Mini Untuk Selamatkan Remaja Thailand

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed