Pemasangan Mahkota Raja Charles Akan Berlangsung 6 Mei 2023

ADVERTISEMENT

Pemasangan Mahkota Raja Charles Akan Berlangsung 6 Mei 2023

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 12 Okt 2022 02:56 WIB
FILE - Prince Charles reads the Queens speech next to her crown during the State Opening of Parliament, at the Palace of Westminster in London, Tuesday, May 10, 2022. In retrospect, it seems Queen Elizabeth II was preparing us all along for her death. Whether it was due to age, ill health or a sense that the end was near, she spent much of the last two years tying up loose ends, making sure the family firm would keep ticking along. (AP Photo/Alastair Grant, Pool, File)
Foto: Raja Charles (AP Photo/Alastair Grant, Pool, File)
Jakarta -

Charles selaku anak sulung Ratu Elizabeth mengambil alih takhta sang ibunda yang telah wafat september lalu menjadi Raja Inggris. Penobatan Raja Charles III akan berlangsung 6 Mei 2023.

Istana Buckingham mengumumkan pemasangan mahkota Raja Charles II dilakukan berdasarkan tradisi bersejarah monarki dan peran modernnya. Charles dan sang istri akan secara resmi dinobatkan di Westminster Abbey London. 6 Mei merupakan tanggal ulang tahun keempat cucu Charles, Archie, putra Pangeran Harry dan istrinya Meghan.

"Penobatan akan mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan, sambil berakar pada tradisi dan arak-arakan yang sudah berlangsung lama," kata pejabat kerajaan dalam sebuah pernyataan singkat seperti dilansir AFP, Rabu (12/10/2022).

Selain menjadi Raja Inggris, Charles juga mengambil alih sebagai kepala negara dari 14 negara Persemakmuran, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Ratu Elizabeth yang berusia 96 tahun dikeahui meninggal di perkebunannya yang terpencil di Skotlandia, Balmoral, setelah kesehatannya menurun selama satu tahun terakhir. Elizabeth menjadi ratu selama 70 tahun lamanya.

Pada Edinburgh Live disebutkan bahwa Raja Charles III akan mengenakan mahkota yang sama persis dengan ibunya, Ratu Elizabeth II.

Selain itu, Charles juga akan diberikan cincin penobatan yang dijuluki sebagai cincin pernikahan Inggris. Nantinya, cincin tersebut akan melingkar pada jari tangan kanan Charles. Bersamaan dengan itu, Charles juga akan memegang tongkat kerajaan yang berasal dari tahun 1661.

Simak juga Video: Mengapa Tak Ada Harry-Meghan di Foto Terbaru Keluarga Kerajaan Inggris?

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT