ADVERTISEMENT

Pimpin Guinea 43 Tahun, Nguema Akan Calonkan Diri Jadi Presiden Lagi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 03:19 WIB
In this file photo taken on September 27, 2018 Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, President of Equatorial Guinea, addresses the 73rd session of the General Assembly at the United Nations in New York. - President Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, who has ruled Equatorial Guinea with an iron fist for more than 43 years, will seek a new term in November presidential elections, the vice president said Friday. (Photo by TIMOTHY A. CLARY / AFP)
Foto: Teodoro Obiang Nguema Mbasogo (AFP/TIMOTHY A. CLARY)
Jakarta -

Teodoro Obiang Nguema Mbasogo akan mencalonkan diri kembali sebagai Presiden Guinea Khatulistiwa. Dia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan keenam setelah 43 tahun memimpin.

Dilansir AFP, Sabtu (24/9/2022) pernyataan soal Teodoro Obiang Nguema Mbasogo akan mencalonkan diri kembali sebagai presiden disampaikan oleh anak Obiang yang meripakan Wakil Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Nguema Obiang Mangue. Obiang merupakan presiden terlama yang berkuasa di dunia selain dari kerajaan.

Namun, belum dapat dipastikan apakah Obiang akan kembali menjadi presiden Guinea Khatulistiwa atau digantikan oleh putranya. Melalui Twitter, Obiang Mangue menyampaikan alasan partai yang berkuasa dengan suara bulat memilih Obiang sebagai kandidatnya.

"Karena karismanya, kepemimpinannya, dan pengalaman politiknya", tulis Obiang Mangue di Twitter.

Partai Demokrat Guinea Khatulistiwa (PDGE) memegang 99 dari 100 kursi di majelis rendah parlemen dan 70 kursi senat. Namun belum jelas siapa yang akan dicalonkan sebagai capres dari partai tersebut. Sejauh ini belum ada calon lain yang diumumkan.

Simak juga 'Junta Militer Tak Izinkan Presiden Alpha Conde Tinggalkan Guinea':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT