ADVERTISEMENT

Inggris Berencana Pasok Rudal Anti-Pesawat ke Ukraina

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 10 Mar 2022 03:10 WIB
Rudal Javelin
Rudal Jevelin (Foto: Wikipedia)
Jakarta -

Inggris berencana mengirim rudal anti-pesawat ke Ukraina untuk membantu Kyiv memerangi serangan udara Rusia yang dinilai tidak pandang bulu dan membunuh. Rudal anti-pesawat dikirim jika Rusia mengubah taktik serangannya ke Ukraina.

"Rusia mengubah taktik mereka, jadi Ukraina juga perlu. Karena itu penting bagi Ukraina untuk mempertahankan kemampuannya untuk terbang dan untuk menekan serangan udara Rusia," kata Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace kepada House of Commons, seperti dilansir CNN, Kamis (10/3/2022).

Kepada anggota parlemen, Wallace mengatakan kemampuan pertahanan Ukraina perlu diperkuat. Pengiriman rudal anti-pesawat itu juga sebagai tanggapan atas permintaan Ukraina. Dia menyampaikan pemerintah Inggris telah mengambil keputusan untuk mengeksplorasi sumbangan rudal anti dan pesawat portabel berkecepatan tinggi Starstreak.

"Kami percaya bahwa sistem ini akan tetap dalam definisi senjata pertahanan, tetapi akan memungkinkan pasukan Ukraina untuk mempertahankan langit mereka dengan lebih baik. Kami juga akan meningkatkan pasokan ransum, peralatan medis, dan bantuan militer non-mematikan lainnya," kata Wallace.

Dia mengatakan Inggris telah meningkatkan pasokan rudal anti-tank (NLAW). Selain itu juga ada senjata kecil Javelin dan amunisi ke Ukraina.

"Mulai hari ini, kami telah mengirimkan 3.615 NLAW dan terus mengirimkan lebih banyak lagi. Kami akan segera memulai pengiriman kecil rudal Javelin anti-tank juga. Saya ingin meyakinkan DPR bahwa semua yang kami lakukan terikat oleh keputusan untuk memasok sistem pertahanan dan dikalibrasi untuk tidak meningkat ke tingkat strategis," ujarnya.

Simak Video 'Presiden Ukraina Minta Inggris Akui Rusia Negara Teroris!':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT