Berbulan-Bulan Tutup Imbas Corona, India Buka Kembali Sekolah-Bioskop

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 01:41 WIB
Virus corona membuat warga dunia gunakan masker untuk cegah penyebaran COVID-19. Siswa di India pun tak ketinggalan pakai masker buatan sendiri saat bersekolah.
Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A
New Delhi -

Sekolah, kolam renang, dan bioskop di India akan dibuka kembali. Hal itu diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) India.

"Untuk pembukaan kembali sekolah dan lembaga pembinaan, pemerintah (negara bagian dan teritori) telah diberi keleluasaan untuk mengambil keputusan setelah 15 Oktober ... secara bertingkat," pernyataan kemendagri dilansir dari AFP, Kamis (1/10/2020).

Diketahui, tempat dan fasilitas publik di India ditutup berbulan-bulan sejak kasus virus Corona ditemukan di sana. Usai melonggarkan lockdown, otoritas India mengizinkan masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas perekonomian.

Sebetulnya, sekolah setingkat SMA sudah diizinkan beroperasi pada Minggu lalu. Namun, pengumuman baru dari pemerintah India mengharuskan sekolah dibuka bersamaan pada 15 Oktober nanti.

Meski begitu, India juga tak melarang bagi siswa yang hendak melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar online.

Selain itu, bioskop diperkenankan kembali beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen. Sementara itu kolam renang dapat dibuka untuk latihan.

Kereta, bus, penerbangan domestik, pasar, dan restoran telah dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, penerbangan internasional tetap dilarang.

Diketahui, terdapat 6,2 juta kasus Corona di India. Hal ini menempatkan India menjadi negara kedua dengan kasus Corona terbanyak setelah Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah ada 97 ribu kematian akibat Corona di India

(isa/isa)