Pemimpin Iran Tuduh Media Asing Pengaruhi Pemilu Pakai Propaganda Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 16:25 WIB
Perempuan Iran
Foto: Ilustrasi pemilu di Iran (TabletMag)
Teheran -

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei menuding media asing memanfaatkan wabah virus corona untuk mempengaruhi gelaran Pemilu di Iran. Dia menuding hal ini dimaksudkan untuk mencegah warga Iran memilih.

Seperti dikutip dari AFP, Minggu (23/2/2020), pemimpin negeri seribu mullah itu berbicara soal propaganda negatif media asing soal corona. Menurutnya, media asing selalu menggunakan kesempatannya memanfaatkan berita corona untuk mencegah warga memilih.

"Propaganda negatif ini dimulai beberapa bulan yang lalu dan semakin besar mendekati pemilihan dan dalam dua hari terakhir, dengan dalih penyakit dan virus, media mereka tidak kehilangan kesempatan sedikit pun untuk mencegah orang memilih," kata Khamenei.


"(Musuh kami) bahkan menentang pemilihan oleh rakyat Iran," kata pemimpin itu seperti dikutip di situs resminya.

Untuk diketahui, rakyat Iran memberikan suara dalam pemilihan parlemen sejak hari Jumat (21/2), dua hari usai pengumuman wabah virus corona baru di negara itu. Jumlah pemilih yang rendah sudah diperkirakan, setelah pengawas pemilihan yang didominasi kaum konservatif mendiskualifikasi ribuan kandidat, kebanyakan dari mereka moderat dan reformis.

Selanjutnya
Halaman
1 2