Foto

Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca

Dok. Detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 07:31 WIB

Jakarta - Beragam peristiwa penting terjadi dalam sepekan terakhir. Berikut ini adalah sepotong berita populer yang terekam dan dirangkum tim foto detikcom. Apa saja?

Moeldoko menyampaikan pidato perdana saat Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).  Berdasarkan hasil KLB, Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025. ANTARA FOTO/Endi Ahmad/Lmo/aww.

Berita populer sepekan yang pertama adalah kisruh di kubu Partai Demokrat imbas digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. Dalam kongres itu, Kepala KSP Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum versi KLB Deli Serdang. ANTARA FOTO/Endi Ahmad.

Yudhoyono tiba di kantor Kemenkumham, Jakarta. AHY tampak didampingi sejumlah kader Demokrat saat sambangi Kemenkum HAM.

Digelarnya KLB di Deli Serdang, Sumut, itu pun menuai pro dan kontra dari sejumlah pihak. Salah satunya Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu pun menyebut KLB tersebut ilegal dan inkonstitusional. Didampingi 34 Ketua DPD se-Indonesia serta pengurus Partai Demokrat, AHY pun kunjungi kantor Kemenkum HAM hingga KPU untuk melawan kudeta. Ari Saputra/Dok. Detikcom.

Amien Rais dan TP3 Bertemu Presiden Jokowi

Selanjutnya ada momen pertemuan Presiden Joko Widodo dan Amien Rais yang juga turut mencuri perhatian publik. Selain Amien Rais, ada sejumlah tokoh lain yang juga turut hadir dalam pertemuan itu di antaranya Ketua Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Laskar FPI Abdullah Hehamahua, Marwan Batubara, Muhyiddin Junaidi, Ustaz Sambo, Firdaus Syam dan Wirawan Adnan.  Istimewa/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Amien Rais dan TP3 Bertemu Presiden Jokowi

Pertemuan itu diketahiu membahas perihal kasus Km 50 yang menewaskan 6 Laskar FPI. Istimewa/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Simpul untuk Pembebasan Perempuan melakukan unjuk rasa saat peringatan Hari Perempuan Internasional di Bandung, Jawa Barat, Senin (8/3/2021). Aksi tersebut untuk menyampaikan aspirasi para perempuan seperti pengesahan RUU PKS dan perlindungan hak kesehatan reproduksi perempuan serta penuntasan kasus pelecehan dan kekerasan seksual. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Berita populer lain di awal pekan lalu adalah peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret lalu. Digelar di tengah pandemi virus Corona, sejumlah warga dunia turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi mereka sekaligus untuk memeriahkan peringatan International Women's Day. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Sejumlah aktivis perempuan beraksi memperingati Hari Perempuan Internasional di Jakarta. Digelar saat pandemi, aksi dilangsungkan dengan terapkan prokes ketat.

Beragam aksi dilakukan oleh masyarakat dunia, tak kecuali Indonesia, untuk memperingati Hari Perempuan Internasional pada Senin (8/3) lalu. Sejumlah isu yang diangkat oleh para peserta aksi di antaranya penghapusan pernikahan dini hingga dorongan untuk segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (P-KS). Agung Pambudhy/Dok.Detikcom.

Pekerja kargo menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19 AstraZeneca dari atas pesawat setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/3/2021). Sebanyak 1.113.600 vaksin virus corona (COVID-19) jadi asal perusahaan farmasi InggrisAstraZenecatiba di Indonesia melalui skema kerja sama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility yang selanjutkan akan diproses di Bio Farma, Kota Bandung. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.

Berita yang tak kalah populer lainnya adalah datangnya 1,1 juta vaksin Corona AstraZeneca ke Indonesia. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito juga akhirnya memberikan persetujuan penggunaan vaksin Corona AstraZeneca berdasarkan beberapa hal. Termasuk soal khasiat, mutu, keamanan, dan efikasi vaksin. BPOM menegaskan efikasi vaksin Corona AstraZeneca sebesar 62,1 persen setelah penerimaan dosis kedua vaksin Corona. Adapun efek samping vaksin Corona AstraZeneca yang ditemukan adalah efek samping lokal ringan, seperti bengkak di lengan hingga kemerahan. ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL.

Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Corona AstraZeneca sudah tiba di Indonesia, berikut sejumlah negara yang sudah memakainya.

Meski begitu, vaksin Corona AstraZeneca tak luput dari kontroversi terlebih diketahui ada sejumlah negara yang menunda vaksinasi AstraZeneca usai ditemukannya kasus pembekuan darah di beberapa orang pascadisuntik vaksin. Dikutip dari Reuters, pihak AstraZeneca menyebut tak ada efek samping serius dari uji vaksin mereka termasuk laporan pembekuan darah. AstraZeneca menjelaskan, jumlah kasus efek samping serius yang kemudian dilaporkan pasca divaksin juga cenderung lebih sedikit daripada laporan yang umum terjadi di populasi. Meski begitu, pihaknya akan mendukung penuh proses penyelidikan yang tengah berlangsung terkait laporan kasus pembekuan darah. AP Photo.

Eks Menkes dr Terawan Agus Putranto hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Ia turut pamerkan Vaksin Corona Nusantara yang disebut aman untuk digunakan warga.

Selain vaksin Corona AstraZeneca, vaksin Corona lain yang turut menyita perhatian publik adalah vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto. dr Terawan optimis vaksin Nusantara yang berbasis dendritik sangat aman karena sifatnya individual. Vaksin ini merupakan autolog karena bersumber dari darah pasien sendiri dan diharapkan akan aman diberikan ke subjek. Rengga Sancaya/Dok. Detikcom.

vaksin nusantara

Diketahui, saat ini vaksin Nusantara dikembangkan oleh RSUP dr. Kariadi Semarang bersama Universitas Diponegoro. Namun, hingga kini hasilnya masih dikaji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga belum jelas kelanjutannya.  BPOM hingga saat ini belum memberikan 'lampu hijau' kepada tim peneliti vaksin Nusantara untuk lanjut ke uji klinis ke fase 2. Menurut Kepala BPOM Penny K Lukito, hingga saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut dengan para peneliti terkait hasil uji klinis fase 1 vaksin Nusantara. Padahal, BPOM telah meminta tim peneliti untuk segera membahas kelanjutan vaksin ini.  Angling/detikHealth.

B.1.1.7, Mutation, Coronavirus, England, B117, European Union

Sementara itu, pandemi virus Corona masih belum hilang di Indonesia, terlebih dalam beberapa waktu terakhir ditemukan kasus mutasi baru virus Corona Inggris yakni B117 yang disebut lebih menular di Tanah Air. Selain varian B117 ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mewaspadai varian baru lainnya yang mengandung mutasi N439K, disebut lebih 'pintar' dalam menghadapi antibodi dan sudah menyebar di 30 negara. Getty Images/iStockphoto/Enes Evren.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan standar masker yang dapat digunakan oleh masyarakat selama pandemi virus Corona COVID-19.

Dikutip dari Eurekalert, N439K ini merupakan mutasi yang terjadi pada protein spike virus Corona yang penyebarannya mirip dengan virus liar dan bisa mengikat reseptor enzim 2 (ACE2) pengubah angiotensin pada manusia lebih kuat. N439K menjadi mutasi yang paling umum dominan kedua dalam receptor binding domain (RBD). Mutasi ini pertama kali terdeteksi di Skotlandia pada Maret 2020 lalu. Penelitian yang dipublikasi di jurnal Cell pada 25 Januari lalu menunjukkan bahwa mutasi ini memberikan resistensi terhadap antibodi beberapa individu dan antibodi monoklonal. Rifkianto Nugroho/Dok. Detikcom.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers terkait Aprilia Manganang.

Beralih ke berita populer sepekan lainnya yakni Hipospadia yang diidap Aprilia Manganang. Sebelumnya, Aprilia Manganang dikenal sebagai atlet bola voli wanita. Belakangan, jenis kelaminnya diubah menjadi pria. Hipospadia membuat jenis kelaminnya 'berubah'. Tidak benar-benar berubah, tetapi pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa ternyata Aprilia adalah seorang pria. Bukan wanita seperti yang diyakini selama ini. Rifkianto Nugroho/Dok. Detikcom.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers terkait Aprilia Manganang.

Hipospadia menjadi penyebab jenis kelamin Aprilia sulit dikenali dengan jelas. Hipospadia terbilang langka. Tidak diketahui pasti penyebabnya, namun ada beberapa faktor yang diyakini bisa meningkatkan risiko. Penyebab hipospadia di antaranya genetik, terapi hormon tertentu, usia dan berat ibu saat hamil, hingga paparan racun seperti rokok dan pestisida. Seperti dijalani Aprilia Manganang, hipospadia kadang perlu diatasi dengan corrective surgery. Rifkianto Nugroho/Dok. Detikcom.

Warga melihat unit contoh di Tower Samawa DP 0 di Pondok Kelapa, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Menurut PD Sarana Jaya Data PPJB pertanggal 25 Agustus 2020 terdapat 365 penghuni. Jumlah unit di tower ini 780.

Berita lain yang tak kalah populer selama sepekan terakhir adalah program rumah DP Rp 0 yang merupakan salah satu janji andalan Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2017. Kini, pengadaan lahan untuk program tersebut tersandung perkara dugaan korupsi di KPK. Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontonan ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan lahan. Belum diketahui secara pasti, tapi PDIP DKI Jakarta menduga pengadaan lahan itu terkait dengan program rumah DP Rp 0. Agung Pambudhy/Dok. Detikcom.

Warga melihat unit contoh di Tower Samawa DP 0 di Pondok Kelapa, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Menurut PD Sarana Jaya Data PPJB pertanggal 25 Agustus 2020 terdapat 365 penghuni. Jumlah unit di tower ini 780.

Program tersebut merupakan program andalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. BUMD PD Pembangunan Sarana Jaya mendapat tugas untuk mengurus proyek ini. Program ini dibangun di beberapa kawasan. Setelah melakukan pembangunan di Pondok Kelapa, Jakarta, rumah DP Rp 0 dibangun di kawasan lain yakni di Nuansa Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Proyek DP Rp 0 jilid II ini sendiri diresmikan Anies Baswedan pada Desember 2019 lalu. Rumah DP 0 jilid II berbentuk vertikal di atas lahan seluas 2,9 hektare (ha). Proyek ini ditargetkan selesai dalam 18 bulan setelah groundbreaking sehingga rampung di 2021. Anies Baswedan meminta pengembang proyek memastikan pembangunannya tidak molor. Agung Pambudhy/Detikcom.

Petugas mengevakuasi korban kecelakaan bus PO Sri Padma Kencana di Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). Hingga Rabu (10/3) malam, petugas kepolisian mencatat sebanyak 22 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut dan 28 korban selamat dilarikan ke RSUD Kabupaten Sumedang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.

Bus Sri Padma Kencana mengalami kecelakaan hingga masuk jurang di Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, pada Rabu (10/3) pukul 18.30 WIB kemarin. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI.

Petugas mengevakuasi korban kecelakaan bus PO Sri Padma Kencana di Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). Hingga Rabu (10/3) malam, petugas kepolisian mencatat sebanyak 22 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut dan 28 korban selamat dilarikan ke RSUD Kabupaten Sumedang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.

Kepala Humas RSUD Sumedang Dahlan mengatakan korban tewas bertambah menjadi 29 orang, sementara korban kecelakaan yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit saat ini tinggal 23  orang dari 25 orang. Sedangkan korban dengan luka ringan yang telah dipulangkan ada 11 orang. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI.

In this combination photo, from top left to bottom right, a Japanese survivor of the earthquake and tsunami rides his bicycle through the leveled city of Minamisanriku, in Miyagi Prefecture, northeastern Japan, on March 15, 2011, top, a car drives through the same spot on Feb. 23, 2012, trucks and cars drive through on Saturday, March 5, 2016 and a woman walks through on March 6, 2021. (AP Photo/David Guttenfelder and Eugene Hoshiko)

Terakhir ada momen peringatan 10 tahun gempa dahsyat dan bencana nuklir yang melanda kawasan Jepang pada tahun 2011 silam. Gempa bermagnitudo 9,0 dan tsunami yang melanda kawasan tersebut turut memicu terjadinya kebocoran nuklir akibat bahan bakar nuklir di tiga reaktor terlalu panas dan melelehkan sebagian inti. Tak hanya itu, PLTN juga mengalami sejumlah ledakan kimia yang merusak bangunan. Akibat peristiwa tersebut materi radioaktif mulai bocor ke atmosfer dan Samudera Pasifik yang kemudian membuat warga dievakuasi serta membuat zona terlarang terkait dengan bahaya radiasi kian meluas. AP/David Guttenfelder and Eugene Hoshiko.

In this combination photo, from top left to bottom right, a Japanese survivor of the earthquake and tsunami rides his bicycle through the leveled city of Minamisanriku, in Miyagi Prefecture, northeastern Japan, on March 15, 2011, top, a car drives through the same spot on Feb. 23, 2012, trucks and cars drive through on Saturday, March 5, 2016 and a woman walks through on March 6, 2021. (AP Photo/David Guttenfelder and Eugene Hoshiko)

Melansir BBC Indonesia, bencana nuklir yang terjadi di Fukushima diklasifikasikan sebagai level 7 oleh Badan Energi Atom Internasional, level tertinggi untuk peristiwa semacam itu dan hanya bencana kedua yang memenuhi klasifikasi ini setelah insiden Chernobyl.  10 tahun berlalu pascabencana tersebut, upaya untuk membersihkan area di Fukushima masih terus dilakukan agar warga dapat kembali ke tempat tinggal mereka. Sejumlah kota di timur laut Jepang pun masih masuk dalam kategori zona terlarang. Meski begitu, tak sedikit warga yang memilih untuk tak kembali ke sana karena takut akan radiasi. Selain itu, dibutuhkan waktu yang panjang untuk membersihkan kawasan Fukushima dari sampah nuklir, batang bahan bakar, dan lebih dari satu juta ton air radioaktif dari lokasi tersebut. AP/David Guttenfelder and Eugene Hoshiko.

Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca
Foto Populer Sepekan: Geger KLB Demokrat-Kontroversi Vaksin AstraZeneca