Mulai Agustus 2021, Italia Larang Kapal Pesiar Memasuki Venesia

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 17:22 WIB
Jakarta -

Pemerintah Italia mengumumkan pada Selasa (13/07), kapal pesiar besar tidak lagi diizinkan memasuki laguna Venesia mulai 1 Agustus 2021. Keputusan ini diambil setelah pemerintah memberi peringatan selama bertahun-tahun dan memperingatkan risiko kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistem Venesia.

"Dekrit yang diadopsi hari ini (13/07) merupakan langkah penting untuk perlindungan sistem laguna Venesia," kata Perdana Menteri Italia Mario Draghi dalam sebuah pernyataan.

Kekhawatiran Venesia dan UNESCO

Keputusan pemerintah Italia diumumkan hanya beberapa hari sebelum UNESCO menggelar sidang atas proposal terkait penambahan Venesia ke dalam daftar situs warisan yang terancam punah.

Sebelumnya, Venesia masuk dalam daftar bergengsi pada tahun 1987 sebagai kota dengan "karya arsitektur yang luar biasa." Namun, pada bulan lalu UNESCO mengatakan Venesia kini membutuhkan "manajemen pariwisata yang lebih berkelanjutan."

Ekosistem Venesia yang rapuh

Ibu kota wilayah Veneto di Italia utara, Venesia, dibangun pada lebih dari 100 pulau kecil di sebuah laguna di Laut Adriatik.

Aktivis lingkungan mengatakan kapal raksasa menghasilkan gelombang besar yang menghancurkan fondasi Venesia dan menyebabkan kerusakan parah pada ekosistem laguna.

ha/as (AP, AFP, dpa)

(ita/ita)