Heboh Saham GameStop: Perang Tanding David Lawan Goliath di Wall Street

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 15:49 WIB
Jakarta -

Melvin Capital dan Citron Research menargetkan saham GameStop, perusahaan pembuat computer game yang sudah redup dan susah payah, dengan apa yang disebut short sellings. Mereka bertaruh bahwa di masa depan harga saham GameStop akan terus terpuruk, dan dengan itu mereka mengeruk untung besar.

Modus perdagangan short sellings sudah sering dikiritik kalangan ekonomi, karena sangat spekulatif dan bisa meruntuhkan satu perusahaan yang masih sehat sekali pun. Caranya adalah, pialang meminjam sejumlah saham dari satu tempat lalu menjualnya ke pihak lain, dengan janji akan membeli lagi saham itu di kemudian hari. Harapannya, harga saham di masa depan akan jatuh, sehingga pialang bisa untung besar.

Yang tidak diperhitungkan dua investor besar itu adalah, ada sekelompok investor kecil yang sudah lama kesal dengan ulah pialang besar yang melakukan short sellings. Mereka ini semacam "aktivis" di pasar saham, yang punya tujuan ideal mencegah spekulasi jor-joran yang kerap memicu krisis ekonomi besar.

Melawan Goliath Wall Street dari media sosial Reddit

Para aktivis pasar saham ini lalu berkumpul di media sosial Reddit dan berjanji "memberi pelajaran" pada Melvin Capital dan Citron Research. Mereka lalu memobilisasi kalangan investor kecil dan para pedagang saham lain untuk ramai-ramai membeli saham GameStop.

Akibatnya, harga saham GameStop pun melonjak gila-gilaan. Hanya dalam hitungan beberapa minggu, harga saham itu di lantai bursa Wall Street melangit dari 18 dolar menjadi 380 dolar pada hari Rabu (27/01).

Gempuran para aktivis Reddit akhirnya meruntuhkan upaya kedua Goliath reksadana yang bertaruh dengan GameStop. Citron Research dalam sebuah video YouTube mengumumkan telah membatalkan sebagian besar taruhannya terhadap harga saham GameStop, dengan "mengambil kerugian 100%."

Game Over: dihentikan dengan senjata makan tuan

Melvin Capital juga menarik dananya dari short sellings GameStop. Manajer Gabe Plotkin mengatakan kepada stasiun siaran CNBC, perusahaannya mengalami kerugian signifikan karena ulah para aktivis Reddit. Tapi dia membantah desas-desus bahwa kegagalan itu menimbulkan ancaman kebangkrutan perusahaan.

Melvin Capital diberitakan menerima aliran dana sekitar 2,75 miliar dolar AS (Rp 38,5 trilun) dari dua kelompok investor lain, untuk menyelamatkan diri dari kegagalan spekulasi itu. Berapa nilai kerugian yang dialami Citron Research dan Melvin Capital tidak diketahui.

Di pihak lain, para aktivis saham Reddit untung besar. Justru karena Citron Research dan Melvin Capital harus menghentikan short sellings mereka dan terpaksa membeli saham-saham GameStop, yang membuat harganya makin tinggi. Itulah kesempatan para investor kecil menjual saham yang mereka pegang dan mengeruk keuntungan. Setelah melepas saham GameStop, para aktivis saham online ini mulai beralih ke saham lain yang sedang menjadi target short sellings berikutnya.

hp/rap (rtr, afp, dpa)

(ita/ita)