DetikNews
Sabtu 14 Juli 2018, 09:26 WIB

Hadiah Rp 117 Juta Jika Bantu Tangkap Pembunuh Serigala di Jerman

DW (Soft News) - detikNews
Hadiah Rp 117 Juta Jika Bantu Tangkap Pembunuh Serigala di Jerman
Berlin - Seekor serigala dibunuh, diikat ke beton dan dibuang di danau. Di Jerman, membunuh serigala adalah kejahatan, dan kelompok pelindung satwa liar Jerman meminta bantuan warga untuk menemukan pembunuhnya.

Hadiah € 7,000, sekitar 117 juta Rupiah, telah ditawarkan untuk informasi yang mengarah pada penangkapan seorang pembunuh serigala. Ini diumumkan oleh Organisasi Jerman untuk Perlindungan Serigala pada hari Rabu (11/07).

Hadiah tersebut terkait dengan pembunuhan seekor serigala berusia 1 tahun di negara bagian Sachsen, yang bangkainya ditemukan 10 Juni lalu terapung di danau dekat kota Bautzen.

Pemeriksaan bangkai serigala oleh lembaga penelitian satwa liar di Berlin menemukan bahwa serigala betina itu ditembak mati di dada dan kemudian diikat ke beton pemberat dengan tali.

"Ini sekali lagi membuktikan bahwa bukan serigala lah yang mengerikan, tetapi manusia," kata Brigitte Sommer, ketua Organisasi Jerman untuk Perlindungan Serigala.

Hadiah itu ditawarkan oleh organisasi Sommer bersama dengan kota Bautzen dan grup Facebook "Wolf ja Bitte."

"7000 Euro seharusnya membantu peroleh informasi dari warga yang tahu mengenainya," tambah Sommer.

Serigala dilindungi oleh hukum Uni Eropa dan Jerman, dan membunuh hewan tersebut adalah kejahatan. Pemerintah kota Bautzen menyatakan pembunuhan itu sebagai kejahatan, dan kantor kepolisian negara bagian Sachsen sedang menyelidikinya.

Menurut hukum Jerman, hukuman untuk membunuh seekor serigala liar termasuk denda uang ribuan euro atau, dalam kasus-kasus tertentu, hingga lima tahun penjara.

Menurut kelompok pelindung satwa liar di Sachsen, ada delapan kematian serigala secara ilegal di negara bagian ini sejak 2009.

Populasi serigala di Jerman telah menjadi subyek perdebatan nasional, dengan politisi dan kelompok yang berkepentingan tidak sepakat akan cara terbaik untuk mengelola jumlah serigala yang semakin meningkat.

(vlz/hp)




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed