Video 20Detik

Megawati Komentari Prediksi Joe Biden soal DKI Tenggelam

detikTV - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 16:39 WIB
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden bicara soal prediksi DKI Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan sehingga Indonesia harus segera memindahkan ibu kotanya. Ketua Umum PDIP yang juga mantan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, mengaku telah membicarakan hal itu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Denger Joe Biden ngomong gitu 10 tahun lagi batin saya enak banget ya saya langsung ngomong sama Pak Jokowi," kata Megawati dalam dalam Pelatihan Mitigasi Gempa Bumi-Baguna DPP PDIP secara daraing, Rabu (4/8/2021).

Joe Biden dalam pidato terkait perubahan iklim saat mengunjungi Kantor Direktur Intelijen Nasional pada 30 Juli 2021, memang sempat menyinggung Indonesia. Dia mengatakan, jika pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, maka akan ada jutaan orang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur.

"Anda melihat apa yang terjadi di Afrika Utara. Apa yang membuat kita berpikir ini tidak penting? Itu bukan tanggung jawab Anda, tetapi itu adalah sesuatu yang Anda lihat karena Anda tahu apa yang akan terjadi," kata Biden.

"Tapi apa yang terjadi - apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air," lanjutnya.

Mega merasa pemerintah harus merespons hal tersebut. "Sampai Presiden Amerika Joe Biden itu bikin statemen, saya sampai bilang sama Hasto, alah alah Tho entar itu pasti deh nanti rakyat kita atau pejabat langsung ribut karena yang ngomong presiden Amerika, urusan global warming, urusan lingkungan, terus menyebut Indonesia," kata Mega.

(/)