Video 20Detik

Keributan di TPU Malang Akibat Jenazah Covid-19 Tertukar

detikTV, Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 15:15 WIB
Jakarta - Jenazah tertukar saat dimakamkan di TPU Kasin, Kota Malang. Keluarga yang tidak terima sempat memukul petugas pemulasaran jenazah COVID-19 hingga pingsan. Keributan itu sempat terekam video warga, hingga kemudian viral di media sosial.

Koordinator Pemakaman PSC 119 Dinkes Kota Malang, Dhana Setiawan menjelaskan, di hari kejadian petugas pemulasaraan jenazah dijadwalkan memakamkam tiga jenazah COVID-19 secara bergantian. Seluruh jenazah diambil dari kamar jenazah RSU dr Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Setelah memakamkan dua jenazah, tim kembali ke kamar jenazah RSSA untuk mengambil jenazah berikutnya. Saat itu, keluarga Keluarga jenazah berinisial W ingin memiliki nomor antrean 4 usai pemakaman di Kedungkandang, Karangbesuki, Sukun dan Kasin.

Permintaan keluarga jenazah W tak bisa dipenuhi dan mendapat nomor urut 5. Tim harus menyelesaikan proses pemakaman di wilayah Sukun terlebih dahulu.

Tak sabar menunggu, keluarga meluapkan protes. Bahkan sempat terjadi adu mulut dengan petugas. Pihak keluarga kemudian memutuskan untuk memanggil ambulance, lalu mebawa jenazah sendiri.

Setibanya di TPU Kasin, keluarga jenazah COVID-19 menyadari bahwa peti jenazah yang dibawa atas nama pasien lain. Merasa dipermainkan, keluarga dari jenazah W marah dan memukuli salah satu petugas pemakaman bernama Alfa.

Aparat akhirnya turun tangan untuk melerai keributan. Sementara, pihak PSC 119 Kota Malang mengaku sangat menyesalkan kejadian tersebut. Mereka berharap warga memaklumi kondisi tim pemulasaraan yang harus bekerja siang dan malam.

adanya kejadian itu, khususnya pemukulan terhadap salah satu petugas pemakaman. Semenjak pandemi, tim pemulasaraan jenazah telah bekerja keras siang malam untuk memakamkan pasien yang meninggal COVID-19. (/)