Video 20Detik

Saat Ketua FPI di Sumut Diciduk Akibat Unggah Foto Megawati Gendong Jokowi

detikTV, dtv - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 13:07 WIB
Jakarta -

Polisi menangkap Ketua FPI Kecamatan Galang, Sumatera Utara, Welly. Penangkapan ini berkaitan dengan munculnya foto Megawati mengendong Jokowi di media sosial. Foto itu menuai sorotan karena menyangkut Presiden dan Ketua Umum PDI Perjuangan

Polisi menjemput langsung Welly di kediamannnya di kawasan Galang, Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat (27/11/2020). Tak ada perlawanan dari Welly hingga dibawa ke Mapolda Sumut, untuk proses pemeriksaan.

Dalam penangkapan Welly, Polisi juga menyita sejumlah barang bukti, antara lain tiga unit ponsel, KTP dan satu borgol.

"Pelaku ditangkap saat berada di kediamannya. Dia terbukti mem-postingfoto Megawati gendong Presiden Joko Widodo dengan menggunakan handphone," ungkap Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Welly kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Unggahannnya dinilai polisi sebagai ujaran kebencian dan melanggar UU ITE.

"Terhadap tersangka dikenakan Pasal 45 ayat (3)junctoPasal 27 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE atau Pasal 310 KUHPjunctoPasal 316 KUHP atau Pasal 207 KUHP," papar AKBP MP Nainggolan.

Berkaitan dengan motif pelaku, Welly diduga sengaja mengunggah foto Megawati gendong Jokowi di Facebook karena tak senang terhadap kepemimpinan Jokowi.

"Mungkin dia merasa tidak senang dengan kepemimpinannya," tambahnya.

Pengungkapan kasus foto Megawati menggendong Jokowi berawal dari penyelidikan yang dilakukan oleh personel Ditreskrimsus terhadap akun Facebook Welly. Ia menggunakan foto profil bergambar Megawati sedang mengendong Jokowi. Usai identitas pelaku diketahui, barulah polisi menjemput Welly di kediamannya. Kini, Welly masih dalam pemeriksaan dan akan ditahan di Polda Sumut.

(/)