Polisi Ringkus Komplotan Begal Sadis yang Rampas HP Korban di Tambora

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 16:06 WIB
Ilustrasi Begal
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta -

Setelah satu bulan berlalu, komplotan begal sadis yang beraksi di Tambora, Jakarta Barat, akhirnya dibekuk. Dari 6 pelaku yang ditangkap, polisi menyita sejumlah senjata tajam.

"Benar kami telah menangkap pelaku pembegalan tersebut dan kami berhasil mengamankan 6 pelaku dan beberapa barang bukti hasil kejahatan para pelaku," kata Kapolsek Tambora Kompol Iver Son Mannosoh kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Iver mengatakan dari hasil pemeriksaan polisi, para pelaku begal telah melakukan aksi serupa di 7 tempat berbeda di wilayah Tambora. Dalam melaksanakan aksinya, para pelaku sengaja memilih lokasi yang tergolong sepi.

Kompol Iver juga mengatakan bahwa para pelaku kerap kali membawa senjata tajam dalam tiap aksinya. Para pelaku juga tidak segan melukai secara fisik jika korban melawan.



"Pelaku berboncengan menggunakan sepeda motor, merampas HP korban. Pelaku membawa senjata tajam jenis celurit lalu mengancam dan membacok korban. Ada beberapa korban yang terluka," katanya.

"Modus operandi para pelaku adalah mencari sasaran korban di tempat sepi. Setelah menemukan bangsanya, para pelaku tidak segan segan melukai korban," sambung Iver.

Enam pelaku dengan inisial NH Alias AH (19), D N ( 26 ), H S alias BT (19), C U (24), E I (17), Dan Ms alias YS (35) kini sudah diamankan dan menjalani pemeriksaan lanjutan di Polsek Tambora. Beberapa barang bukti seperti satu unit sepeda motor, tiga buah handphone, serta satu senjata tajam ikut diamankan polisi.

Pelaku kini dikenakan pasal 365 KUHP dan pasal 55 KUHP dengan total kurungan 12 tahun penjara.

Peristiwa viral itu terjadi pada Jumat (21/2) sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu, korban Kelvin Ferdiansyah (21) sedang di Jl Pekapuran II RT 06/04 Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakbar. Para pelaku turun dari motor dan tiba-tiba menyerang korban.

(mei/mei)