Pilkada NTB

LSI: Jago PBB-PKS Unggul

- detikNews
Senin, 07 Jul 2008 15:53 WIB
Mataram - Proses penghitungan suara dalam Pilkada Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai dilakukan. Namun menurut quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI), pasangan Tuanku Guru Bajang Zainul Majdi-Badrul Munir (BARU) yang diusung PBB dan PKS, memperoleh suara terbanyak.

Berdasarkan data quick count yang diterima LSI hingga pukul 15.15 Wita, Senin (7/7/2008), pasangan Zainul-Badri memperoleh 36,72 persen suara.

Tempat kedua diisi pasangan Serinata-M Husni Djibril dengan perolehan suara 28,75 persen. Padahal pasangan ini diusung oleh sejumlah partai besar, yakni Partai Golkar, PDIP, PBR dan Partai Patriot.

Tempat ketiga diisi pasangan Zaini Arony-Nurdin Ranggabarani dengan perolehan suara sebesar 19,97 persen. Pasangan ini diusung oleh PPP dan PKB. Duduk di posisi buncit pasangan Nanang Samodra-M Jabir yang diusung PAN, PD, dan PKPB. Pasangan ini hanya berhasil meraih suara 16,6 persen.

"Jumlah itu berasal dari 96,88 persen TPS yang ada," kata Deni, staf LSI di Mataram, NTB.

Menurut Deni, jumlah suara yang belum masuk berasal dari sejumlah daerah di Kabupaten Lombok Timur. Sebab di daerah tersebut, secara bersamaan juga sedang berlangsung pemilihan bupati. (djo/nrl)