ADVERTISEMENT

13.000 Orang Tewas di China, 19.000 Tertimpa Reruntuhan

- detikNews
Rabu, 14 Mei 2008 10:17 WIB
Beijing - Korban jiwa akibat gempa dahsyat di China melonjak hingga mencapai sekitar 13 ribu orang. Angka itu dipastikan akan terus bertambah mengingat banyak korban yang masih tertimpa reruntuhan.

Menurut kantor berita resmi China, Xinhua, di satu daerah saja, hampir 19 ribu orang terkubur dalam puing-puing bangunan. Demikian seperti dilansir harian News.com.au, Rabu (14/5/2008).

Bahkan sekitar 60 ribu orang di dekat pusat gempa di Wenchuan, hingga kini belum ditemukan. Banyak warga bisa mendengar jeritan minta tolong dari bawah puing-puing namun tak seorang pun yang bisa menolong.

"Mereka bisa mendengar orang-orang di bawah puing-puing minta tolong namun tak ada yang bisa menolong, sebab tidak ada tim penyelamat profesional," kata pejabat lokal, He Biao.

"Yang paling kami butuhkan adalah obat-obatan. tak ada obat, tak ada dokter dan setelah begitu lama, tak ada makanan," ujar He.

Di sebuah sekolah di daerah bencana lainnya, di Qingchuan County, Sichuan, sebanyak 90 orang dipastikan tewas. Namun 191 lainnya hingga kini belum ditemukan. Sedangkan di Kota Mianyang, sebanyak 18.645 orang terkubur di bawah puing-puing.

(ita/ana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT