5 Fakta Sayap Lion Air di Merauke Tabrak Garbarata

ADVERTISEMENT

5 Fakta Sayap Lion Air di Merauke Tabrak Garbarata

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 20:40 WIB
Penampakan Garbarata Bandara Mopah, Merauke yang ditabarak Pesawat Lion Air.
Foto: Penampakan garbarata Bandara Merauke yang ditabrak pesawat Lion Air (dok Istimewa)
Jakarta -

Sayap kanan pesawat Lion Air menabrak atap garbarata Bandara Mopah, Merauke. Insiden itu terjadi hari ini sekitar pukul 09.10 WIT.

"Memang benar pesawat milik Lion Air tujuan Sentani, Kabupaten Jayapura, mengalami insiden menabrak atap garbarata Bandara Mopah," kata Kepala Polres Merauke AKBP Sandi Sultan seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/1/2023).

Sandi mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan JT 794 ini diketahui mendarat di Bandara Mopah setelah menyelesaikan rute Jayapura-Merauke.

Sekitar pukul 09.10 WIT, pesawat ini akan melakukan penerbangan kembali ke Jayapura. Namun, saat hendak menuju runway bandara untuk lepas landas, sayap pesawat Lion Air itu menabrak garbarata.

"Kejadiannya pesawat mau berputar haluan menuju runway penerbangan. Di situ ada garbarata, pesawatnya nabrak bagian sayap," ujarnya.

Berikut fakta-faktanya:

1. Bawa 117 Penumpang

Pesawat Lion Air itu disebut membawa 117 penumpang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Keberangkatan 117 penumpang itu pun tertunda usai insiden sayap kanan pesawat menabrak Garbarata Bandara Mopah. Para penumpang baru akan diberangkatkan kembali pada Jumat (27/1) besok.

"Enggak berangkat, pesawat tidak akan berangkat. Dipaksakan bahaya," ujar Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan kepada detikcom, Kamis (26/1/2023).

Sandi mengatakan pihak Lion Air memberikan fasilitas penginapan terhadap 117 penumpang yang batal berangkat hari ini. Pihak maskapai juga memberikan tiket baru.

"Lion sudah memberikan kontribusi daripada penumpang, ya menyiapkan fasilitas hotel dan tiket baru, besok pagi baru terbang," ujar Sandi.

Penampakan sayap Lion Air usai menabrak garbarata di Bandara Mopah, Merauke.Penampakan sayap Lion Air usai menabrak garbarata di Bandara Mopah, Merauke. (dok Istimewa)

2. Sayap Kanan Tergores

Sayap kanan pesawat juga dilaporkan mengalami kerusakan. Sayap tersebut tergores akibat menabrak atap garbarata.

"Insiden terjadi sekitar pukul 09.10 WIT, menyebabkan kerusakan di sayap bagian kanan," kata Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan ketika dihubungi dari Jayapura, seperti dilansir Antara, Kamis (26/1/2023).

"Sayap bagian kanan menabrak garbarata Bandara Mopah, Merauke, hingga tampak tergores," imbuh dia.

3. Dugaan Penyebab

Polisi pun mengungkap dugaan penyebab sayap pesawat tersebut menabrak garbarata. Apa dugaannya?

"Pesawatnya ini mungkin agak kebesaran jadi tidak terlihat dengan pilot kemudian juga mungkin pegawai bandara yang mengatur lalu lintas pesawat ini tempatnya juga harus disiapkan betul," kata AKBP Sandi Sultan.

Simak video 'Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Atap Garbarata Bandara Mopah Merauke':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT