Viral Momen Polisi Bekuk 'Pak Ogah' yang Palak Sopir Truk di Jalanan Jakbar

ADVERTISEMENT

Viral Momen Polisi Bekuk 'Pak Ogah' yang Palak Sopir Truk di Jalanan Jakbar

Silvia Ng - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 12:14 WIB
Polisi Tangkap Pelaku Pungli di Jakbar
Polisi menangkap pelaku pungli di Jakbar (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Video yang memperlihatkan dua orang Pak Ogah dibekuk polisi di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, viral di media sosial (medsos). Kedua orang itu melakukan pungutan liar (pungli) terhadap para sopir truk.

Dalam video viral yang dilihat detikcom, Kamis (26/1/2023), terlihat dua orang Pak Ogah yang mengenakan atasan berwarna hitam dibekuk polisi. Salah satu petugas kepolisian terlihat membawa senapan panjang.

Mereka dibekuk kala memalak sopir truk di area tersebut. Polisi memasangkan borgol pada tangan mereka. Kedua pelaku pungli itu mencoba bertahan untuk tak dibawa ke kantor polisi, namun akhirnya keduanya tetap digiring ke dalam truk berwarna kuning.

Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo membenarkan peristiwa tersebut. Dia menyebut penangkapan itu bermula dari laporan para sopir truk, khususnya yang bernomor polisi luar kota.

"Awalnya ya itu laporan dari para sopir truk, khususnya pelat luar Jakarta, dimintain duit Rp 200 ribu. Dia mengadu ke Polsek, langsung kita tindak lanjuti," kata Ardhie saat dihubungi, Kamis (26/1/2023).

Ardhie menjelaskan penangkapan itu terjadi sekitar pukul 17.15 WIB pada Rabu (25/1), tepatnya di Jalan Kayu Besar, Cengkareng, Jakarta Barat.

Ardhie mengatakan dua pelaku berinisial SH (33) dan IF (31) telah diamankan. Keduanya diketahui positif menggunakan narkoba.

"Saat itu kita berhasil amankan dua, dua lagi kabur, masih kita cari," tuturnya.

"Yang dua ini kita cek urine positif pakai narkoba," sambungnya.

Ardhie mengatakan sopir truk luar kota mengaku dipalak 'uang jalan' Rp 200 ribu oleh Pak Ogah. Jika tak memberi, sopir tersebut diancam diberhentikan di tengah jalan.

"Di takut-takuti saja, diberhentiin di tengah jalan," ujar Ardhie.

Bersamaan dengan itu, polisi mengamankan uang hasil pemerasan senilai Rp 350 ribu. Keduanya diamankan dan tengah menjalani pemeriksaan di Polsek Cengkareng.

(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT