Kata Thoha soal Inspirasi Kelabui Teller BCA Kuras Rp 320 Juta

ADVERTISEMENT

Kata Thoha soal Inspirasi Kelabui Teller BCA Kuras Rp 320 Juta

Denza Perdana Kurniaputra - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 11:38 WIB
Sidang perkara pembobolan rekening BCA oleh tukang becak
Sidang perkara pembobolan rekening BCA. (Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Mohammad Thoha, aktor utama pembobolan rekening BCA merencanakan dan menjalankan skenario kejahatan layaknya di film-film bertema kejahatan. Dari mana dia mendapatkan inspirasi untuk menyusun skenario itu?

Thoha telah merencanakan hal ini sejak berhasil memancing Muin Zachry pemilik rekening yang dibobol agar menyebutkan nominal saldo miliknya. Dia juga menghasut Muin untuk membuka M-Banking agar bisa mengintip nomor PIN.

Selanjutnya, dia memastikan prosedur standar yang dijalankan bank ketika seseorang hendak menarik uang dalam jumlah besar dan ternyata syaratnya cukup mudah. Ia menanyakan langsung ke teller yang dikunjungi. Ternyata cukup membawa buku tabungan, kartu ATM, dan KTP.

Sidang kasus ini masih bergulir di Pengadilan Negeri Surabaya. Jaksa penuntut umum (JPU) Estik Dilla dari Kejari Surabaya menyatakan Thoha sempat menjawab pertanyaan berkaitan itu. Jawaban Thoha pun cukup mencengangkan. Tak ada yang mengajarinya maupun tak ada film yang menginspirasinya.

"(Inspirasinya) dirinya sendiri, kemarin udah tak tanya ke Thoha, ide dan inspirasinya berasal dari diri sendiri," kata Dilla ketika dihubungi detikJatim, Kamis (26/1/2023).

Sebelumnya, saat sidang pemeriksaan terdakwa, Selasa (24/1), Thoha sempat membuat hakim dan jaksa geregetan. Pasalnya, Thoha mencla-mencle saat ditanya.

Baca selengkapnya di sini.

Tonton juga Video: Gagal Bobol ATM, Maling di Duren Sawit Gasak CCTV

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT