Jokowi Kilas Balik soal Beda Arahan WHO soal Masker: Ternyata Dia Bingung

ADVERTISEMENT

Jokowi Kilas Balik soal Beda Arahan WHO soal Masker: Ternyata Dia Bingung

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 09:54 WIB
Presiden Jokowi dalam acara Ibu Kota Nusantara: Sejarah Baru Peradaban Baru di Djakarta Theater
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menyampaikan kilas balik ketika awal-awal pandemi Corona (COVID-19) melanda Indonesia pada 2020. Jokowi mengatakan Indonesia dan seluruh negara belum memiliki pengalaman mengatasi pandemi Corona.

"Sebuah tantangan yang sangat berat, sebuah persoalan yang sangat-sangat berat kita hadapi saat itu, dan tidak ada standarnya, tidak ada pakemnya, karena memang kita semuanya belum memiliki pengalaman dalam menangani pandemi ini," ujar Jokowi saat memberi arahan di Rakornas Transisi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023 yang ditayangkan di YouTube Setpres, Kamis (26/1/2023).

Jokowi kemudian mengingatkan cerita ketika WHO mengubah-ubah peraturan mengenai pemakaian masker. Menurutnya, saat itu dunia sedang panik karena pandemi.

"Kita ingat awal-awal dari WHO disampaikan, saya kan bertanya kepada mereka, 'Presiden nggak usah pakai masker, awal-awal, yang pakai masker yang batuk-batuk, yang kena saja'. Nggak ada seminggu, semua harus pakai masker, ternyata dia juga bingung, kita juga bingung," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan saat itu banyak dibutuhkan alat pelindung diri atau APD untuk menangani pasien Corona. Jokowi mengatakan ternyata Indonesia justru salah satu negara yang memproduksi APD saat itu.

"Begitu sampai pada puncaknya, semua negara cari yang namanya APD, semuanya cari, kita juga cari ke mana-mana, eh ternyata kita sendiri bisa berproduksi dan dikirim ke negara-negara lain, ternyata kita sendiri, saking memang posisinya posisi semuanya bingung," katanya.

Menurut Jokowi, saat puncak pandemi COVID-19 seluruh jajaran bekerja sama. Jokowi mengatakan pemerintah pusat dan daerah bekerja dengan banyak tekanan karena baru kali ini mengatasi pandemi.

"Tetapi manajemen makro dan mikro yang kita lakukan betul-betul sangat efektif, dan saya melihat semuanya kita ini bekerja karena tertekan oleh persoalan, tertekan oleh masalah, itu yang saya tidak lihat sebelum-sebelumnya," ucap Jokowi.

Simak Video 'Cerita Jokowi Bersemedi 3 Hari Tentukan RI Tak Lockdown saat Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT