Panas Lagi Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Siapa Menteri Bakal Diganti?

ADVERTISEMENT

Panas Lagi Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Siapa Menteri Bakal Diganti?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 09:01 WIB
Jokowi
Presiden Jokowi. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kabar perombakan Kabinet Indonesia Maju di awal tahun 2023 masih terus bergulir seiring gerak politik Tanah Air jelang Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kode tunggu untuk reshuffle kabinet, partai pendukungnya sudah memberi masukan.

Kabar reshuffle kabinet mencuat dari pernyataan Jokowi di akhir Desember 2022 lalu. Kala itu, Jokowi melempar kode mungkin melakukan reshuffle kabinet.

"Mungkin. Ya nanti," kata Jokowi saat itu di Bendungan Sukamahi, Bogor, Jumat (23/12/2022).

Beberapa hari kemudian, Jokowi kembali memberikan bahasa tubuh soal reshuffle kabinet. Jokowi bahkan mengangguk kepada wartawan ketika ditanya soal rencana melakukan perombakan kabinetnya.

"Ya dengar," kata Jokowi ketika ditanya apakah mendengar pertanyaan wartawan soal reshuffle kabinet, Senin (26/12/2022).

Senyum Reshuffle

Awal tahun 2023, Jokowi kemudian kembali buka suara soal kabar reshuffle. Soal reshuffle ini ditanyakan kembali ke Jokowi dalam kegiatannya meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

"Tunggu," kata Jokowi sambil tersenyum. Jokowi lantas langsung pergi meninggalkan lokasi.

PDIP Beri Masukan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan partainya sudah memberi masukan kepada Jokowi terkait isu perombakan kabinet atau reshuffle. Keputusan akhir reshuffle berada di tangan Jokowi.

"(Terkait reshuffle) berbagai pertimbangan sudah disampaikan oleh PDIP (ke Presiden Jokowi) yang berdasarkan tentu saja terhadap kinerja dan bagaimana dengan reshuffle itu bagaimana efektivitas pemerintahan di dalam sisa masa jabatan dapat betul-betul ditingkatkan," kata Hasto di UMJ, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (25/1).

Hasto menuturkan keputusan reshuffle ada di tangan Presiden Jokowi. Ia juga enggan membeberkan siapa saja pihak yang akan terkena reshuffle.

"Ini kan (reshuffle) menyangkut orang, tidak bagus kalau kita sampaikan secara terbuka. Jadi PDIP akan menjaga etika politik sehingga masukan sudah diberikan, sekarang Presiden yang ambil keputusan. Karena reshuffle hanya bisa terjadi atas kehendak Bapak Presiden," kata dia.

Hasto tidak menjelaskan lebih lanjut kapan Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle. Pihaknya akan menunggu keputusan Jokowi terkait kapan waktu reshuffle tersebut.

Selengkapnya pada halaman berikut.

Tonton juga Video: Puan Bicara Isu Reshuffle: Presiden yang Tentukan Kapan Hari Baiknya

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT