3 Fakta Demo Perangkat Desa Depan DPR Bikin Macet di Mana-mana

ADVERTISEMENT

3 Fakta Demo Perangkat Desa Depan DPR Bikin Macet di Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 22:06 WIB
Arus lalu lintas sekitar gedung DPR RI dialihkan imbas demo perangkat desa pagi ini. Akibatnya, lalu lintas di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) macet.
Lalin di sekitar GBK, Senayan juga macet imbas demo perangkat desa di depan DPR, Rabu (25/1/2023) siang tadi. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Perangkat desa se-Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) demo di depan gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Demo tersebut sempat menimbulkan macet di mana-mana.

Ribuan perangkat desa mendatangi gedung DPR sejak pukul 06.00 WIB, Rabu (25/1/2023). Polisi sampai menutup arus lalu lintas dari arah Semanggi ke Slipi lantaran massa demo memenuhi ruas Jalan Gatot Subroto depan DPR.

"Demo dari PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia). Sudah datang dari jam 06.00 WIB," kata Latif saat dihubungi detikcom, Rabu (25/1/2023).

Polda Metro Jaya menurunkan 1.713 personel untuk mengamankan demo perangkat desa tersebut. Pengalihan arus diberlakukan selama demo berlangsung.

Perangkat desa menyuarakan sejumlah tuntutannya dalam demo tersebut. Salah satunya, menuntut kejelasan status kepegawaian perangkat desa.

Massa mulai berangsur membubarkan diri pada pukul 14.00 WIB. Perangkat desa membubarkan diri setelah perwakilan Komisi II dan Komisi VI DPR menemui massa yang berjanji akan memperjuangkan hak-haknya.

Jalan Gatot Subroto hingga Polda Metro Jaya siang ini. Hal ini disebabkan karena adanya demo di depan gedung DPR/MPR.Jalan Gatot Subroto hingga Polda Metro Jaya, Rabu (25/1) siang. Hal ini disebabkan karena adanya demo di depan gedung DPR/MPR. (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Berikut ini fakta-fakta seputar demo perangkat desa di DPR yang dirangkum detikcom:

Macet di Gatsu hingga Sudirman

Penumpukan massa di depan DPR menimbulkan kemacetan di ruas Jalan Gatot Subroto hingga Sudirman. Arus lalu lintas sempat terhambat lantaran jalan dipenuhi massa, sehingga polisi menutup lalin di depan DPR untuk mencegah kemacetan yang lebih parah.

Kemacetan juga terjadi di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Banyaknya bus yang mengangkut massa yang diparkir di Jalan Gerbang Pemuda, menambah kemacetan di kawasan Senayan.

Pantauan detikcom, pukul 09.30 WIB, Rabu (25/1/2023), kepadatan lalu lintas terlihat di kawasan GBK atau Jalan Sudirman arah Bundaran Senayan. Kepadatan juga terjadi di arah sebaliknya.

Di Jalan Jenderal Sudirman, lalu lintas juga terpantau macet. Suara klakson terdengar sahut-sahutan.

Kepadatan lalu lintas juga terjadi sepanjang perjalanan menuju gedung DPR. Kemacetan terlihat sejak keluar dari area GBK atau tepatnya di Jalan Gerbang Pemuda. Tampak para perangkat desa yang berdemo tengah berjalan menuju depan gedung DPR.

Salah satu pengendara ojol, Imam, menyebut bahwa kemacetan terjadi mulai dari Jalan Gatot Subroto.

"Mulai dari Gatsu situ (macetnya) tadi mah saya," kata Imam ditemui di sekitar JPO Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Rabu (25/1/2023).

Pengendara ojol lainnya, bernama Anwar, menduga kemacetan ini imbas dari adanya demo di depan gedung DPR. Dia juga mengatakan jarang terjadi kemacetan seperti ini di siang hari.

"Jarang siang gini macet kayak gini mah, kayaknya gara-gara demo di DPR itu," kata Anwar di lokasi yang sama.

Baca di halaman selanjutnya: tuntutan perangkat desa....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT