Mahfud Harap Kepala Daerah Tetap Waspada Karhutla Meski Sibuk Tahun Politik

ADVERTISEMENT

Mahfud Harap Kepala Daerah Tetap Waspada Karhutla Meski Sibuk Tahun Politik

Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 16:27 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (tengah), Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kiri), Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023).
Menko Polhukam Mahfud Md (tengah), Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kiri), Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023). (Brigitta Belia Permata Sari/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md, berharap para kepala daerah tetap fokus mencegah dan mempersiapkan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mahfud menuturkan kesibukan di tahun politik bisa membuat orang lalai pada pencegahan dan penanggulangan karhutla di daerahnya.

"Berharap kepada semua pimpinan daerah, forkopimda yang mempunyai hutan yang rawan dengan kebakaran, supaya dari sekarang waspada. Karena ya dulu ada gurauan gitu, kalau sudah jelang tahun politik biasanya orang lalai, banyak yang kerja politik dan macam-macam sehingga tidak waspada," kata Mahfud kepada wartawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023).

Mahfud menyebut Indonesia telah berhasil menanggulangi bencana karhutla beberapa tahun terakhir, sehingga hal ini dinilai sebagai prestasi. Dia berharap prestasi ini dapat dipertahankan.

"Diharapkan ini tidak terjadi dan kita tetap pertahankan prestasi kita. Prestasi nasional kita yang selama beberapa tahun terakhir itu sudah sepi dari gugatan-gugatan dan protes dunia internasional. Karena kita berhasil kendalikan kebakaran hutan dan lahan sehingga tidak mengganggu WN lain, tidak ganggu wilayah negara lain," ungkapnya.

Dia tak memungkiri karhutla masih terjadi, tapi menurutnya pada beberapa tahun terakhir cepat teratasi. "Mungkin ada sedikit banyak tapi sudah cepat teratasi, tidak sampai menimbulkan sesak nafas yang berlebihan terhadap masyarakat," tambahnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kemenko Polhukam serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiapkan strategi pencegahan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada 2023. Tiga kementerian ini turut melibatkan kepala daerah.

Pantauan detikcom di Graha BNPB, Jakarta Timur, Mahfud Md beserta Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar masuk ke ruang aula didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Simak Video 'BNPB Beberkan Strategi Cegah Kebakaran Hutan di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT