Terungkap Jejak Digital Sosok Fiktif Serial Killer 'Aki Banyu'

ADVERTISEMENT

Terungkap Jejak Digital Sosok Fiktif Serial Killer 'Aki Banyu'

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 16:27 WIB
Serial killer supranatural di Bekasi dan Cianjur, Wowon (baju merah) dan Duloh (baju putih), saat ditangkap di Cianjur. (Istimewa)
Wowon alias Aki saat ditangkap di Cianjur. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Serial killer Wowon membuat figur fiktif 'Aki Banyu' yang memerintahkan pembunuhan 9 korban di Bekasi hingga Cianjur, Jawa Barat. Jejak digital mengungkap adanya perintah Wowon untuk membunuh--yang seolah-olah Aki Banyu--kepada 'partner in crime' Solihin alias Duloh dan Dede.

"Aki Banyu ini bahkan yang sangat unik. Pelaku lain Duloh dan Dede baru tahu pada proses pemeriksaan ini Wowon atas nama Aki Banyu ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Hal itu disebabkan Wowon yang merupakan seorang dalang pewayangan bisa membuat suara lebih dari satu karakter. Selama ini sosok Aki Banyu yang diciptakan Wowon ini memerintahkan pembunuhan melalui telepon genggam.

"Karena suaranya berbeda dan hanya bisa dikomunikasikan melalui handphone. Alat buktinya adalah handphone Aki Banyu ada pada Wowon. Tentu nanti secara digital forensik, perbincangan, percakapan, atau message yang ada di device itu akan dilakukan secara forensik," ujarnya.

Sosok Fiktif 'Aki Banyu'

Diketahui, sejumlah fakta baru terungkap di balik kematian sembilan korban serial killer Wowon Erawan alias Aki (60) dkk. Wowon menciptakan sosok bernama 'Aki Banyu' untuk memerintahkan pembunuhan terhadap para korban.

Wowon, yang merupakan seorang dalang pewayangan, bisa menirukan berbagai suara. Kemahirannya dalam mendalang ini disalahgunakan untuk membunuh para korban serial killer di Bekasi hingga Cianjur, Jawa Barat.

'Aki Banyu' sosok rekaan Wowon ini memberikan perintah kepada Solihin alias Duloh (63), 'partner in crime'-nya untuk membunuh para korban. 'Aki Banyu' pulalah yang menghasut para korban tenaga kerja wanita (TKW) untuk melakukan 'ritual' menceburkan diri ke laut demi mencapai kesuksesan.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkapkan Wowon menciptakan figur fiktif 'Aki Banyu' untuk memerintahkan pembunuhan terhadap sembilan korban, yang mayoritas istri dan anak sendiri.

"Kita juga ada temukan modus yang lain, korban operandi daripada pelaku. Jadi ini cukup unik. Ternyata Tersangka Wowon ini berperan sebagai Aki Banyu. Selain atas nama Wowon, ternyata yang bersangkutan ini berperan sebagai Aki Banyu, yang merupakan figur fiktif," kata Hengki kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/1).

Simak Video 'Polisi Ekshumasi Makam Halimah, Korban Wowon Serial Killer':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT