Menteri PUPR Jelaskan soal 6 Tahun Sodetan Ciliwung 'Nggak Diapa-apain'

ADVERTISEMENT

Menteri PUPR Jelaskan soal 6 Tahun Sodetan Ciliwung 'Nggak Diapa-apain'

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 14:42 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui wartawan di Hotel Marriott, Sleman, Selasa (22/11/2022).
Menteri PUPR Basuki (Jauh Hari Wawan S/detikJateng)
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan maksud pernyataannya terkait proyek sodetan Kali Ciliwung 'nggak diapa-apain' selama 6 tahun. Basuki mengatakan pernyataan itu terkait tahapan pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

"Kan ada di tabel yang 600 meter di outlet itu dari 2014-2015 selesai. Yang sekarang ini dari 2021 mulai kerjanya, akhir 2021. Jadi setelah 2015, baru 2021 lagi baru mulai," kata Basuki kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Untuk diketahui, total panjang terowongan sodetan Kali Ciliwung menuju KBT ini mencapai 1,2 kilometer. Proyek tersebut sempat terhenti karena urusan pembebasan lahan.

"Iya (pembebasan lahan), termasuk outlet sana 2015-2017 baru dipasang sheet pile-nya, tapi tanahnya belum dinormalisasi," ujar Basuki.

Menurut Basuki, pembebasan lahan itu ternyata bisa dilakukan. Namun dia tak mengetahui pendekatan apa yang dilakukan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

"Saya kan tergantung pemdanya. Ternyata beliau bisa itu," ujar Basuki.

Basuki sebelumnya menyinggung konsistensi pembangunan proyek sodetan Kali Ciliwung. Dia menyayangkan 6 tahun proyek tersebut terhenti.

"Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu, pasti sudah berkurang (banjirnya). Yang masalahnya kan tadi Pak Presiden bilang enam tahun nggak diapa-apain, normalisasi nggak diapa-apain, sodetan nggak diapa-apain," kata Basuki di area outlet proyek sodetan Kali Ciliwung (area belakang kampus Trisakti), Jl DI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (24/1).

Basuki mengapresiasi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang bisa melanjutkan proyek tersebut. Dia meyakini proses normalisasi akan mengurangi banyak banjir di Jakarta.

"Nah, sekarang alhamdulillah, ada Pak Heru ini mulai dikerjakan lagi. Nanti coba kita lihat hujan tahun 2023 ini kalau ini berfungsi, Sukamahi berfungsi, Sentiong mungkin Agustus berfungsi, insyaallah banyak berkurang banyak sekali," ujarnya.

Jokowi Tinjau Sodetan Ciliwung

Presiden Jokowi sebelumnya meninjau progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT). Sodetan Kali Ciliwung merupakan satu kesatuan dengan Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, serta sistem kanal banjir lainnya. Pembangunan sodetan ini merupakan bagian dari upaya menyeluruh pemerintah untuk mengendalikan banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Sebenarnya ini proyek lanjutan yang dulu pernah berjalan di 2013 sampai 2016, kemudian berhenti karena masalah pembebasan lahan," ujar Manajer Proyek Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Farida Maharani, berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (24/1).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Kagetnya Jokowi Sodetan Ciliwung yang Mangkrak 6 Tahun Kini Lanjut Lagi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT