Jokowi Puji Kapolri Respons Viral Bayi Diberi Kopi: Lebih Cepat dari Posyandu

ADVERTISEMENT

Jokowi Puji Kapolri Respons Viral Bayi Diberi Kopi: Lebih Cepat dari Posyandu

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 11:20 WIB
Presiden Jokowi di Rakornas BKKBN (Kanavino/detikcom)
Presiden Jokowi di Rakernas BKKBN (Kanavino/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji polisi yang mendatangi orang tua yang memberikan kopi saset kepada bayi di Sulawesi Selatan (Sulsel). Jokowi mengatakan reaksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lebih cepat daripada kader posyandu.

Pujian itu dilontarkan Jokowi saat menyampaikan arahan di Rakernas BKKBN di Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023). Jokowi awalnya menyoroti ibu yang viral memberikan minum kopi saset kepada bayinya.

"Jangan sampai... bayi atau ibu hamil harus diberi protein, diberi ikan, diberi telur. Saya lihat kemarin yang rame bayi baru 7 bulan diberi kopi susu saset. Kopi susu saset oleh ibunya. Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu. Gitu loh. Anaknya mau diberi susu. Hati-hati mengenai ini," kata Jokowi.

Jokowi menekankan edukasi bagi masyarakat mengenai makanan untuk anak. Dia mengatakan tubuh anak belum siap diberi minuman kopi.

"Oleh sebab itu, sekali lagi yang namanya penyuluhan, penyuluhan, penyuluhan, penting. Karena kata ibunya bermanfaat, bermanfaat, kopi susu saset ini karena ada susunya. Hati-hati," ujar Jokowi.

Barulah kemudian Jokowi memuji polisi yang mendatangi ibu bayi tersebut. Jokowi mengatakan reaksi Kapolri lebih cepat daripada kader posyandu.

"Sehingga yang saya baca, polisi menemui orang tua bayi, tapi seharusnya yang bener mestinya kader posyandu, kader dari BKKBN yang datang ke sana, bukan.... Karena kecepatan Kapolri mungkin. Karena reaksi Kapolri cepet, maka dateng lebih cepet dari kader," kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, seorang ibu di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) viral di media sosial karena memberi minum kopi saset kepada bayinya. Polisi kini melakukan pemeriksaan kepada orang tua bayi.

"Betul, ada yang dimaksud (orang tua beri kopi ke bayi)," kata Kasi Humas Polres Gowa Hasan Fadlyh kepada detikSulsel, Selasa (24/1).

Dalam video yang beredar di medsos, tampak seorang bayi diberi minuman kopi saset. Video itu juga menampilkan seseorang tengah menyeduh kopi saset ke dalam gelas sebelum diberikan ke bayi.

"Kopi Good Day kan ada susunya dari pada di kasih susu Frisian Flag katanya ndak ada susunya," tulis pemilik akun.

Selain dari alasan kopi mengandung susu, pemilik akun juga menuliskan pencernaan bayi berubah sejak minum kopi. Tercatat hanya buang air besar (BAB) 9 kali dalam sehari dari sebelumnya 10 kali saat meminum susu.

"Kemarin-kemarin bayi BAB 10 kali sehari. Alhamdulillah, sejak minum susu, kopi sekarang dia (bayi) BAB 9 kali," ucapnya.

Simak Video: Jokowi Soroti Kasus Ibu Beri Kopi Instan ke Bayi: Penyuluhan Penting!

[Gambas:Video 20detik]




(knv/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT