Salut! Petugas KRL Bantu Penumpang Melahirkan di Pos Stasiun Tanah Abang

ADVERTISEMENT

Salut! Petugas KRL Bantu Penumpang Melahirkan di Pos Stasiun Tanah Abang

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 10:53 WIB
Waktu operasional kereta rel listrik (KRL) kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19. KRL akan kembali beroperasi mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB.
Ilustrasi KRL (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Aksi sigap petugas membantu penumpang kereta rel listrik (KRL) melahirkan ramai diapresiasi warganet. Para petugas membantu penumpang bernama Siti Fatimah (17) bersalin di pos kesehatan Stasiun Tanah Abang.

"Kejadian bermula saat salah satu pengguna commuterline yang sedang hamil naik commuterline No.2033 relasi Tiga Raksa-Tanah Abang," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba, dalam keterangannya, Rabu (25/1/2023).

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/1). Saat commuterline masuk di Stasiun Palmerah, Siti merasakan sakit dan kontraksi pada perutnya seperti hendak melahirkan.

"Petugas pengawal commuterline No.2033 dengan sigap membantu dan segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan pengamanan Stasiun Tanah Abang yang sedang berdinas di peron 5-6, bahwa terdapat pengguna hamil yang akan segera melahirkan di kereta ke-4 dari belakang," kata dia.

Sesampai penumpang di Stasiun Tanah Abang, petugas yang didampingi si suami langsung membawa ke ruang pos kesehatan menggunakan tandu untuk diberi pertolongan pertama.

Penumpang tersebut melahirkan seorang anak laki-laki dengan selamat. Persalinan itu berjalan lancar dengan bantuan petugas kesehatan KAI Commuter dan didampingi oleh suami di poskes Stasiun Tanah Abang pada pukul 10.36 WIB.

"Setelah proses persalinan dan perawatan awal, kondisi pengguna yang melahirkan cukup stabil kemudian dirujuk ke RSUD Tarakan untuk dilakukan proses perawatan selanjutnya," jelasnya.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna agar tidak segan-segan meminta bantuan atau pertolongan kepada petugas di dalam commuterline maupun di area stasiun jika membutuhkan bantuan. KAI Commuter juga mengimbau untuk tetap jaga kondisi dan selalu utamakan keselamatan.

(jbr/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT