Jokowi: Sodetan Kali Ciliwung Sangat Berfungsi Kurangi Banjir Jakarta

ADVERTISEMENT

Jokowi: Sodetan Kali Ciliwung Sangat Berfungsi Kurangi Banjir Jakarta

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 12:32 WIB
Presiden Jokowi tinjau proyek Sodetan Ciliwung
Foto: Presiden Jokowi tinjau proyek Sodetan Ciliwung (Ilyas Fadhillah-detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sodetan Kali Ciliwung memiliki daya tampung air yang sangat besar. Jika sodetan ini sudah beroperasi, kata Jokowi, ini akan sangat berfungsi mengurangi banjir di Jakarta.

"Karena ini dari Sungai Ciliwung kalau sudah dibuka siaga 4 itu akan mengurangi 33 meter kubik per detik. Gede banget. Kemudian kalau pada siaga 1, 63 meter kubik per detik. Gede sekali," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, di Kanal Banjir Timur, Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

"Karena terowongan ini salurannya ini 3,2 meter, dua, kanan 3,2 meter, kiri terowongannya 3,25 meter. Sepanjang 1,3 kilometer. Itu sangat, kalau nanti sudah berfungsi sangat mengurangi banjir yang ada di Jakarta," lanjut Jokowi.

Namun, masih ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan usai sodetan Kali Ciliwung itu selesai. Jokowi lantas membeberkan perihal pompa dan normalisasi kali lainnya.

"Kalau ini sudah, urusannya tinggal yang ketiga urusan pompa yang ada di sungai-sungai dan juga normalisasi Ciliwung, normalisasi 12 sungai yang ada, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Cipinang dan kali-kali yang lainnya juga harus dinormalisasi, kalau kita ingin Jakarta tidak banjir," ujarnya.

Jokowi juga menekankan upaya penanganan banjir rob di pesisir utara Jakarta. Dia meminta pembangunan giant sea wall harus segera dimulai.

"Plus yang di utara banjir rob baik dengan tanggul laut maupun dengan giant sea wall itu juga harus segera dimulai. Saya sudah perintahkan ke Gubernur DKI," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menargetkan proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung selesai April mendatang. Jokowi mengapresiasi proyek ini dilanjut kembali usak 6 tahun mangkrak.

"Jadi kita kembali lagi ke Jakarta, ke banjir Jakarta. Kita tahu penanganan banjir Jakarta harus dari hulu sampe ke hilir. Di hulunya sudah kemarin selesai. Di bangunan Bendungan Ciawi, kemudian bendungan Sukamah sudah di atas," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Selasa (24/1).

"Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang juga sebentar lagi akan selesai mungkin April insyaallah sudah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun," ujarnya.

Lihat Video: Reaksi Heru Disentil Jokowi Soal ITF Sunter-Sodetan Ciliwung-Giant Sea Wall

[Gambas:Video 20detik]




(eva/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT